Pembiasaan adalah salah satu cara atau metode yang digunakan untuk menanamkan karakter pribadi pada anak, dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baik tentu orang tua dan para pendidik berharap dapat selalu diterpakan dalam kehidupannya baik saat berada di sekolah, maupun saat berada diluar lingkungan sekolah, lalu seberapa penting pembiasaan itu bagi karakter si anak ? 

Thomas Lickona dalam bukunya “Educational for Character” mengemukakan bahwa pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling) dan tindakan (action). Tanpa ketiga aspek tersebut maka pendidikan karakter tidak akan efektif.  Ini berarti bahwa selain pengetahuan maka dibutuhkan tindakan nyata yang bisa diwujudkan dengan pembiasaan-pembiasaan kepada peserta didik agar budi pekerti luhur tertanam sebagai akibat dari proses pembiasaan yang terus-menerus.

Sedangkan menurut Ramli pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuannya adalah membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat yang baik dan warga negara yang baik..Adapun tujuan pendidikan karakter menurut Mulyasa adalah untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan yang mengarah pada pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang sesuai dengan standar kompetensi lulusan pada setiap satuan pendidikan. Melalui pendidikan karakter peserta didik diharapkan mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuan, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasikan nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari.

Sekolah SD ISLAM AL IKHLAS sangat menyadari betapa pentingnya sebuah pembiasaan disekolah bagi pembentukan karakter anak, dan dibawah ini adalah beberapa pembiasaan disekolah yang sudah rutin di terapkan di SD ISLAM AL IKHLAS :

 
  1. Berwudhu dengan baik dan benar

optimized-img_3169

Meski amalan ini terkesan ringan dan ringkas, tetapi memiliki keutamaan yang besar. Berikut ini salah satu keutamaan wudhu’ diantaranya:

Pembersih dari Noda-Noda Dosa dan Penambah Amal Kebajikan
Perlu kita sadari, bahwa manusia itu bukanlah makhluk yang sempurna, bahkan Allah subhanahu wata’ala sebagai Sang Khaliq (Pencipta) mensifati manusia dengan sifat yang sering lalai dan bodoh, sehingga sering terjatuh dalam perbuatan dosa dan kezhaliman. Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala (artinya):
“Sesungguhnya manusia itu amat aniaya (zhalim) dan amat bodoh.” (Al Ahzab: 72) Ditegaskan pula dalam hadits Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, dari sahabat Anas bin Malik:

كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ

“Setiap anak cucu Adam pasti selalu melakukan kesalahan. Dan sebaik-baik mereka yang melakukan kesalahan adalah yang selalu bertaubat kepada-Nya.” (HR Ahmad, Ibnu Majah, dan Ad Darimi)

  1. Berjalan tenang

berjalan tenang

Berjalan adalah aktifitas yang paling banyak kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari, namun seberapa banyak anak-anak yang bisa berjalan dengan tenang tanpa tergesa-gesa ? dan ini berjalan tenang adalah sebuah pembiasaan yang sangat baik bagi perkembangan karakter si anak agar bisa mengontrol dirinya sendiri untuk lebih tenang dalam berjalan, dari situ mereka bisa belajar untuk lebih tenang lagi dalam bersikap, belajar bahkan berbicara. 

  1. Membaca dan menghafal Al-Qur’an 

optimized-img_8007

Di era global seperti sekarang ketika anak sudah mengenal dunia teknologi lebih cepat, perlu adanya penyeimbang agar anak tetap bisa menjaga diri mereka sendiri dari arus teknologi dan informasi negatif yang begitu mudahnhya di akses melalui gadget, dengan melakukan pembiasaan keagamaan seperti membaca dan mennghafal Al-Qur;an tentu ini akan sangat membantu membentengi anak dari pengaruh negatif dari luar dan dengan pembiasaan ini juga bisa membangun karakter yang religius. 

Itu adalah sekilas tentang kegiatan pembiasan disekolah yang sudah diterpakan di sekolah SD ISLAM AL IKHLAS, dan masih banyak lagi pembiasaan yang di lakukan di SD ISLAM AL IKHLAS  untuk  membentuk karakter yang memiliki jiwa pemimpin, cerdas dan berakhlaqul k

arimah.sesuai visi dari SD ISLAM AL IKHLAS.

dan berikut ini adalah video dokumentasi pembiasaan SD ISLAM AL IKHLAS  yang sudah di terapkan:

 

ditulis oleh : Ahmad Yazid (Guru Komputer SD ISLAM AL IKHLAS)

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.