Class Meeting 2019

Class Meeting 2019

Salah satu kegiatan kesiswaan setiap akhir semester adalah classmeeting atau diartikan sebagai pertemuan antar kelas. Classmeeting dapat menjadi wahana penyegaran yang positif bagi siswa. Tak hanya itu, kegiatan ini bisa juga dijadikan sebagai penyalur hobbi dan minat siswa. Siswa banyak belajar dari kegiatan ini yang mungkin tak mereka dapatkan di kelas secara prakteknya. Classmeeting bukan hanya untuk menghilangkankan penat saja, Tapi lebih dari itu untuk melihat bakat dan prestasi siswa. Di SD Islam Al Ikhlas, setiap semester, setelah anak-anak menyelesaikan Penilaian Akhir Semester atau Penilaian Akhir Tahun selalu diadakan kegiatan Classmeeting.  Dalam kegiatan classmeeting di SD Islam Al Ikhlas, siswa diajarkan banyak hal yaitu :

a. Belajar untuk bekerja sama.

1Ketika siswa bekerja sama di kelas dalam mengerjakan karya atau kerja kelompok, ada saja siswa yang tidak terlibat aktif. Dalam kegiatan classmeeting, semua siswa harus terlibat aktif untuk memperoleh hasil yang maksimal. Di kegiatan inilah siswa belajar mengerti satu sama lain.

Siswa yang introvert atau tertutup dalam bersikap, tetap harus mengikuti kegiatan ini dan melatihnya untuk bekerja sama dengan teman-temannya.

 

 

 

 

b. Cinta kepada kelasnya.

2Bukan hanya menanamkan siswa untuk mencintai tanah airnya, dalam skala kecil, siswapun harus mencintai kelasnya. Kegiatan ini mengajarkan siswa untuk bangga terhadap teman-teman sekelasnya. Menjadi pemain atau supporter untuk membuktikan kecintaan sebagai warga di kelasnya.

 

 

 

 

 

c. Berlatih menerima kekalahan dan kemenangan.

3Dalam kegiatan classmeeting, poin pentingnya adalah sikap sportifitas. Sikap untuk siap menerima kekalahan dan tak sombong saat mendapatkan kemenangan. Siswa dilatih untuk tidak saling menyalahkan satu sama lain ketika tim nya kalah dan tak sombong ketika timnya menang.

 

 

 

 

 

d. Mendapatkan kegiatan yang positif untuk melepas penat.

4Dalam classmeeting, kegiatan dikemas segembira mungkin, agar anak-anak bisa lebih bahagia mengikuti kegiatan. Lomba yang ditampilkan akan melatih ketelitian, ketekunan dan kerjasama dalam tim sehingga tidak ada kegiatan di classmeeting yang menunjukkan sikap individual. Menang atau kalah anak-anak tetap fun.

 

 

 

 

 

Jadi, kegiatan Classmeeting di SD Islam Al Ikhlas adalah kegiatan tiap semester yang memberikan dampak positif bagi siswa.

Jakarta, 20 Juni 2019

Yunita Kwartarani M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published.