Angklung Sebagai Warisan Budaya kesenian Indonesia

Angklung Sebagai Warisan Budaya kesenian Indonesia

Oleh : Yunita Kwartarani, M.Pd

 

Haritage Indonesia dalam seni dan budaya salah satunya adalah Kesenian Angklung. Tidak banyak anak muda yang mau belajar banyak tentang

kesenian angklung, apalagi yang mampu memainkan alat musik angklung dikalangan anak muda sangatlah sedikit. Jika akhirnya angklung diakui sebagai kesenian tradisional dari negara lain, barulah terjadi keributan di sana sini.

SD Islam Al Ikhlas, menjadikan kesenian angklung sebagai mata pelajaran kesenian siswa kelas 4-6 sejak tahun 2010. Anak-anak belajar memainkan alat musik tradisional angklung di bawah bimbingan Ibu Ambar Kristanti. Beliau adalah guru kesenian angklung di SD Islam Al Ikhlas.

bu-ambar

IBU AMBAR KRISTANTI (PELATIH ANGKLUNG SD ISLAM AL-IKHLAS CIPETE YANG SUDAH MENGABDI SELAMA  LEBIH DARI 10 TAHUN)

SD Islam Al Ikhlas berkomitmen menumbuhkan kecintaan siswa-siswi terhadap kesenian angklung. Mengapa angklung yang dipilih? Karena permaian angklung bisa di lakukan oleh banyak anak, juga alat musiknya mudah diperoleh. Permainan yang kompak, menciptakan suara yang sangat harmonis. Dan hasilnya, siswa-siswi SD Islam Al Ikhlas makin mencintai kesenian tradisional angklung.

ali

Karena kecintaan terhadap kesenian angklung, akhirnya terpilihlah beberapa anak menjadi “ Tim Alix Bamboo” . Tim ini mangikuti latihan khusus untuk tampil di beberapa event dan juga mengikuti kejuaraan. Bukan hanya di Jakarta, bahkan tim ini juga mengikuti lomba kesenian angklung di Bandung, sebagai tempat lahirnya kesenian angklung.

3

Di tanggal 19 Februari 2019, Tim Alix Bamboo SD Islam Al Ikhlas berhasil menjadi JUARA PERTAMA di SYAFANA FESTIVAL, Bumi Serpong Damai, Tanggerang. Latihan yang dilakukan anak-anak selama dua bulan, lelah karena anak-anak harus berlatih setiap pulang sekolah sampai sore, dan membuahkan hasil yang baik.

4

Juara Pertama di SYAFANA FESTIVAL yang diselenggarakan oleh Syafana Islamic School pada tanggal 19 Februari 2019

4

Semoga dengan menumbuhkan kecintaan siswa-siswi SD Islam Al Ikhlas terhadap kesenian angklung, maka akan tumbuh kecintaan terhadap kesenian tradisional Indonesia lainnya.

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.