Be a Great Teacher!

Be a Great Teacher!

Be A GREAT TEACHER!

Rahasia  sukses menjadi guru hebat :

  1. Teaching is service adalah mengajar  untuk melayani siswa

Guru yang hebat akan selalu siap melayani setiap pertanyaan atau kebutuhan siswa, tanpa ada yang terlewatkan. Memang tidak mudah untuk bisa mengakomodir  setiap keinginan dan kebutuhan siswa, dikarenakan  siswa yang sangat beragam. Tetapi jika mengajar kita niatkan sebagai ibadah,  maka maka menjadi guru adalah sebuah pengabdian untuk membimbing anak  mencapai kemandirian. Dengan meluruskan niat kita dalam mengajar,  insya Alloh semua masalah akan terasa ringan.

 

  1. Konsekuen adalah   satunya kata dan perbuatan.

Seorang guru harus mentaati aturan dan kesepakatan yang sudah dibuat sehingga akan bisa dijadikan panutan oleh anak didiknya.Ingatlah bahwa sesungguhnya seoarang guru itu harus bisa “digugu dan ditiru” ( dipercaya dan jadi teladan), bukan guru yang “wagu tur saru” ( nggak pantes dan nggak ber-etika).Jadi seorang guru harusnya memiliki karakter yang kuat – jati diri yang kuat, jadi bukan guru model NATO – No Action Talk Only

 

  1. DANDY boleh juga yaitu, berpenampilan menarik.

Seoarang guru harus berpenampilan rapi dan menarik, jangan acak-acakan apalagi berantakan . karena ketika mengajar guru akan mejadi pusat perhatian seluruh siswa. Kalo gurunya acak-acakan itu bisa mengganggu konsentrasi dan perhatian siswa.Berpenampilan yang rapi dan menarik juga menunjukkan citra diri yang positif yang bisa meningkatkan kepercayaan diri seorang guru. Yang perlu diingat adalah jangan berlebihan dalam berpenampilan karena itu justru akan mengganggu kenyamanan dan konsentrasi anak.

 

  1. Kenalilah psikologis siswa.

Setiap anak adalah unik, memiki karakter yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, maka seorang guru wajib memiliki pengetahuan tentang psikologi anak yang mencakup psikologi perkembangan maupun psikologi sosial anak, sehingga guru akan lebih mudah untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada.Selain itu supaya bisa mengenali karakter masing-masing anak,  seorang guru perlu mengetahui latar belakang kondisi anak, baik mengenai kondisi sosial, keluarga maupun kondisi emosionalnya.Satu lagi yang perlu diperhaikan adalah, tugas guru itu membimbing bukan menghakimi supaya siswa bisa berkembang maksimal.Perkembangan emosi anak akan bisa maksimal apabila anak tidak dalam keadaan tertekan.

 

  1. Bangunlah komunikasi yang baik dengan siswa

Seorang guru sangat memerlukan keahlian interpersonal – komunikasi yang baik dengan anak didik supaya mampu mentransfer ilmu pengetauan yang akan diajarkan, sehingga anak mampu menangkap materi ajar yang disampaikan.Seorang guru yang memiliki kemampuan interpersonal yang baik, akan mampu menciptakan keakraban yang cukup dengan siswa, mampu  memberikan respon yang tepat terhadap permasalahan anak dan mampu menciptakan keserasian emosional dengan anak.

 

  1. Sampaikan Pengalaman Empirik Anda di Kelas

Apabila seorang guru  menyampaikan pengalaman empiriknya di kelas, maka selama 6 tahun anak sekolah di SD, akan mendapatkan pengalaman yang sangat banyak dan beragam dan itu akan sangat berpengaruh terhadap perjalanan hidup anak. Kita berharap dari cerita pengalaman hidup kita bis memberikan inspirasi dan motivasi positif kepada anak didik.

 

  1. Sampaikanlah issue-issue yang aktual di kelas

Siswa akan sangat antusias bila gurunya selalu menyajikan informasi yang aktual yang berkaitan dengan palajaran ataupun ilmu pengetahuan lainnya.Untuk itu seorang guru harus selalu belajar, selalu meng up grade diri biar mampu menyampaikan pengetahuan yang up to date.

 

  1. Jangan “ ndengkul “ nilai – memasukkan nilai secara asal-asalan, bahkan anak yang sudah pindahpun masih ada nilainya.Seorang guru tidak boleh merusak persaingan sportif antar siswa dengan memberi nilai yang tidak akurat. Apalagi jika timbul apa yang dinamakan  “hallo effect” yang memiliki standar ganda dalam menilai.Mohon maaf bila tidak berkenan, Semoga bermanfaat

 

Sumber : Buku  Be A Great Teacher  karya BARNAWI

di tulis oleh :  Harmini, S.Pd

 

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.