Berkebun

Yuk, Ajak Siswa/Siswi Berkebun

Suasana di luar kelas, yakni di kebun sekolah yang nyaman dan aman membuat siswa puas bereksplorasi untuk tantangan baru baginya.

Main di luar kelas? Ini dia tantangan baru! Siswa butuuh pendamping guru agara terhindar dari kecelakaan semisal jatuh terbentur batu. Maklum, siswa memang belum tahu arena kebun di dalamnya mana yang berbahaya dan mana yang aman untuk dieksplorasi.

Memberi kesempatan pada siswa/siswi untuk bermain dan berekplorasi di kebun, berarti membukakan pintu lebih lebar terhadap dunia. Namun, ini juga berarti memberi kesempatan kepadanya untuk berani dan siap menghadapi kehidupan yang lebih mendekati keadaan sesungguhnya, termasuk berbagai bahaya yang mengintai.

Sedapat mungkin jangan meninggalkan siswa/siswi sendirian di kebun.

  • Bila memungkinkan, luangkan waktu untuk mengecek, apakah ada jenis tanaman/tumbuhan beracun di kebun sekolah. Bila ada, jauhkan siswa/siswi dari area tumbuhnya tanaman beracun tersebut.
  • Bila ada kolam, buatlah pagar yang cukup kuat. Gantungkan pipa (selang) penyiram tanaman setinggi mungkin, sehingga tidak terjangkau bagi siswa.
  • Pastikan semua peralatan berkebun tersimpan dan terkunci dengan rapat di tempat yang jauh dari jangkauan siswa. Termasuk pupuk dan bahan-bahan kimia pembasmi hama pestisida.

Maimunah, S.Pd

Sharing is Caring:
error