Best Music Performance

Suara Indonesia di Pentas Dunia

suara-indonesia

SD Islam Al Ikhlas: Dengan Musik dan Tari Kibarkan Bendera Merah Putih di Sakarya, Turki

Sakarya yang terletak di region Marmara, Turki (140 km ke Istanbul), adalah kota yang luar biasa perkembangan dalam bidang pertanian dan industri. Namun tidak hanya itu, kota ini juga kaya dengan sumber daya alam, sejarah dan budaya. Di kota indah ini sebuah perhelatan akbar “International 10th Folk Dance Festival in Sovereignty Week” digelar antara tanggal 21-26 April 2014.

“Tujuan utama kami untuk membawa nilai-nilai budaya yang kaya dan membangun pemahaman yang baik di antara bangsa bangsa di dunia serta perayaan hari anak nasional di Turki yang akan diperingati setiap tanggal 23 April, festival ini juga dilaksanakan untuk melestarikan budaya budaya dari seluruh dunia untuk generasi penerus, terutama anak-anak agar terus hidup dan berkembang memperkaya keindahan keragaman budaya.” Demikian penuturan panitia ajang tersebut.

Tak heran jika panitia menampung peserta dari berbagai negara. Beberapa negara yang memeriahkan acara tersebut adalah Bosnia Herzegovina, Romania, Turkmenistan, Azerbaijan, Albania, Ukraina, Estonia, Bulgaria, Turki dan Indonesia. Setiap tim menghadirkan tari dan musik tradisional dari negara masing-masing. Dalam hal ini Indonesia diwakili oleh SD Islam Al Ikhlas yang mengirimkan 12 siswa untuk bersaing dalam kancah bergengsi tersebut. Dengan menampilkan tari piring, dan giring-giring serta musik angklung. Atas penampilan musik angklung yang terbuat dari bambu tersebut Indonesia diganjar penghargaan sebagai Best Music Performance yang merupakan penghargaan tertinggi atas bidang musik dalam festival ini.

suara-indonesia2

Tim Indonesia yang diwakili SD Islam Al Ikhlas juga berkesempatan tampil di berbagai tempat. Di antaranya beberapa sekolah pemerintah di wilayah Sakarya dan di area publik di berbagai distrik di Sakarya. Setiap penampilan rim mendapatkan sambutan luar biasa dari penonton yang terkesan dengan beragamnya budaya Indonesia, serta talenta yang dimiliki anak-anak Indonesia.

Salah satu peserta, Harsyanda Maheswara, mengatakan dirinya senang sekali bisa berada dan tampil untuk para penonton di Turki, yang sangat antusias dengan kehadiran tim Indonesia, walaupun mengaku awalnya tegang karena harus berkompetisi dengan negara-negara lain yang kemampuan tarinya luar biasa. Harsya mengaku senang akhirnya Tim Indonesia (SD Islam Al Ikhlas) menjadi menyaji musik terbaik.

Selamat kepada Tim Imdonesia, SD Islam Al Ikhlas, telah mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia di kancah dunia melalui misi kebudayaan. Barokallah. Amin. (SF) 25/04/14

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.