Bijak Menyikapi Gadget Pada Anak

Bijak Menyikapi Gadget Pada Anak

Yunita Kwartarani, M.Pd | Edisi April 2019

 

Oleh : Ustadz Bendri Jaisyurrahman 

 

Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabarokatuhu.

          Kembali POMG SD Islam Al Ikhlas, mengadakan seminar tentang ‘Bijak Menyikapi Gadget”. Tema ini mumcul, karena semakin banyak anak-anak yang kecanduan gadget atau anak yang bemedia sosial, tapi menggunakan bahasa yang kurang tepat.

          Menurut Ustad Bendri, anak-anak yang kecanduan gadget, karena orang tua tidak mau repot. Anak rewel, anak nangis, kasih gadget,putar film via youtube, anak senang dan orang tua merasa bisa melanjutkan aktivitasnya. Orang tua tak mau repot-repot mencari cara agar anak merasa nyaman.Hasilnya, dalam otak anak-anak akan terbentuk bahwa, gadgetlah yang membuat mereka merasa nyaman, sehingga bonding dengan orang tua tidak terbentuk sementara bonding dengan gadget semakin kuat. Saat anak kecil, orang tua tak mau repot dengan tingkah anak-anak, nah pada saat dewasa, orang tua akan direpotkan dengan sikap anak-anaknya yang kecanduan gadggadget-and-kidset.

Ustadz Bendri, mengatakan bahwa orang tua harus melakukan Manajemen Hiburan, diantaranya:

  1. Memiliki agenda alternatif untuk menghubur anak.
  2. Hiburan bagi anak ibarat makanan. Jika tidak dikenyangkan di rumah, mereka akan mencari jajanan lain di luar. Artinya,orang tua harus memberikan hiburan yang menarik bagi anak dan tidak melulu hiburan dengan menggunakan gadget.
  3. Menaklukan Bosan. Orang tua atau anak-anak pasti merasakan bosan jika melakukan aktivitas yang sama setiap harinya. Ketika rasa bosan melanda anak-anak kita, carilah aktivitas lain yang membuat mereka senang, walaupun hanya menyiram tanaman di sore hari.
  4. Buat waktu kebersamaan yang bermakna. Ketika bersama anak-anak, orang tua jangan sibuk dengan gadgetnya. Nikmatilah masa bersama anak-anak. Sehingga anak akan merasa bahwa keberadaan mereka bersama orang tua sangat bermakna.
  1. Skill menghibur. Orang tua harus mempunya skill atau kemampuan untuk menghibur anak-anaknya, dengan bermain, bercerita, dan berpetualang (menjelajah)

fams

Dalam menggunakan gadget harus ada aturannya dan orang tuapun harus menaati aturannya. Aturan / manajemen Gadget :

  1. Waktu, berikan waktu yang tepat jika anak menggunakan gadget dan itu harus dipatuhi.
  2. Lokasi, sebaiknya anak menggunakan gadget, di area yang bisa di lihat oleh orang tua. Ingatkan anak untuk tidak membawa gadgetnya ke kamar mandi.
  3. Beri batasan situasi yang tidak boleh menggunakan gadget, yaitu ketika :
  • Saat makan bersama
  • Saat ibadah, jangan setelah salam saat sholat, langsung cek gadgetnya.
  • Saat berbicara dengan orang lain
  • Saat naik kendaraan. Anak sebaiknya tak menggunakan gadget ketika berada di kendaraan. Ciptakan kebersamaan untuk saling bercerita aktivitas ketika di kendaraan.
  • Saat liburan keluarga, Anak jangan sibuk dengan gadgetnya saat berada di kegiatan liburan dengan keluarga.

 

Terakhir, Ustadz Bendri mengingatkan orang tua, jangan mengizinkan anak membuat akun di media sosial ketika usianya belum mencukupi. Banyak kejahatan yang terjadi di media sosial dan anak belum bisa melihat mana yang baik dan mana yang buruk. Selalu bekerja sama dengan guru ketika ada temuan-temuan yang kurang tepat di handphone anak-anak. Guru sulit mengontrol, karena anak-anak menggunakan gadgetnya di rumah, bukan di sekolah.

 

Pilihan ada di tangan orang tua, mau repot sekarang, saat anak-anak masih kecil, atau repot nanti saat mereka dewasa. Mengutip kata-kata ibu Gini, Ketua POMG SD Islam Al Ikhlas, It’s all up to you, parents. Bravo POMG SD Islam Al Ikhlas dengan segala kegiatannya.

 

Wassalamualaikum Warrohmatulloh

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.