Berinfaq atau beramal tidak harus selalu dengan menggunakan uang. Berinfaq dengan barang-barang pun juga diperbolehkan dan tidak mengurangi niat baik serta pahala kita untuk membantu sesama muslim yang membutuhkan. Rabu, 21 Desember 2016 SD Islam Al Ikhlas telah melaksanakan kegiatan Penggalangan Dana dengan cara melelang barang-barang berharga. Barang-barang yang dilelang berasal dari siswa perwakilan dari Organisasi Siswa SD Islam Al Ikhlas (OSSDIA), guru, dan POMG.

20161221_074506Kegiatan lelang barang-barang yang dihadiri juga oleh perwakilan dari Lembaga Kemanusiaan PKPU ini mendapatkan perhatian khusus dari para siswa. Antusias dan semangat siswa kelas 4, 5, dan 6 dalam kegiatan ini menghasilkan dana sebesar Rp 1.450.000 dari perhitungan barang-barang yang telah dilelang.

“Waah…seru sekali acara lelang barang-barang ini. Selain bisa beramal saya juga dapat baju. Hehe..” tutur Aryan Kelas 5E usai ditanya setelah kegiatan pelelangan barang-barang.

Bapak Ade yang merupakan perwakilan dari Lembaga Kemanusiaan PKPU pun juga mengatakan bahwa kegiatan lelang barang-barang untuk Aleppo ini adalah kegiatan yang pertama kali dilakukan di Tingkat SD se-JABODETABEK.

Pada hari sebelumnya, Rabu, 20 Desember 2016 juga telah dilaksanakan kegiatan mendongeng oleh Kak Iki dari Kampung Dongeng. Dongeng yang bertemakan peduli dan berbagi kepada sesama ini merupakan salah satu metode yang dilakukan untuk memberikan gambaran kepada siswa bahwa pentingnya peduli dan berbagi kepada sesama. Apalagi kepada saudara-saudara sesama muslim di Aleppo yang saat ini sedang mengalami musibah.

dongeng-kepedulianBerkat kepiawaian Kak Iki dalam mendongeng, telah sukses membuat siswa kelas 1, 2, 3, dan 4 ini tertawa bahagia. Namun, pesan yang disampaikan dalam dongeng pun dapat dengan mudah dicerna oleh para siswa.

Alhamdulillah, kegiatan mendongeng dan lelang barang-barang yang merupakan rangkaian dalam kegiatan penggalangan dana untuk Aleppo ini memperoleh dana sebesar Rp. 14.180.000.  Dan ternyata, kegiatan ini juga didukung oleh seluruh orang tua murid SD Islam Al Ikhlas. Pada saat penerimaan raport, para orang tua berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk muslim Aleppo dan alhamdulillah terkumpul uang sejumlah Rp 16.855.000,- Sehingga total dana yang terkumpul untuk Aleppo adalah Rp 31.035.000,- (Tiga puluh satu juta tiga puluh lima ribu rupiah). Semoga apa yang telah dilakukan SD Islam Al Ikhlas dapat meringankan beban saudara-saudara kita di Aleppo, Suriah. Aamiin.

(Uun Susilowati, S.Pd)

Sharing is Caring:
error