Festival Folklor International Turki

Untuk Merah Putih di Kancah Dunia

Sempat Ditolak Kepesertaannya Karena Pernah Menjadi Juara Pertama

merah-putih1

Ultimatum itu kini berakhir, dan kesabaran pun berbuah kegembiraan. Setelah 5 tahun berlalu akhirnya Turki kembali membuka pintu kepada Indonesia yang diwakili oleh SD Islam Al Ikhlas untuk menjadi peserta pada Festival Folklor International yang setiap tahunnya diikuti oleh sekitar 20 negara, baik dari Eropa, Asia, maupun Timur Tengah.

Betapa tidak, kisah dibalik suksesnya SD Islam Al Ikhlas menjadi juara I pada Festival Folklor International di Turki pada tahun 2009 menuntut kesabaran tersendiri. Pasalnya pada tahun-tahun berikutnya SD Islam Al Ikhlas tidak diperkenankan lagi mengikuti kejuaraan tersebut untuk memberikan kesempatan kepada negara-negara lain yang kebanyakan hadir dari Eropa.

merah-putih2Dengan dibukanya kembali “kran” untuk ajang tersebut, kesempatan ini tentu disambut baik oleh SD Islam Al Ikhlas dengan menyiapkan “pasukan tempur” tim tari daerah agar giat berlatih untuk mengikuti ajang bergengsi di tingkat dunia yang akan berlangsung pada tanggal 24-30 April 2014 di Sakarya, Turki ini. Sekitar 12 penari yang terdiri dari siswa-siswa kelas 3, 4 dan 5 giat berlatih setiap Sabtu dan Kamis di bawah bimbingan Ibu Tri dan Bu Diah serta pelatih tari dari Gema Citra Nusantara pimpinan Mira Marina Arismunandar.

“Insya Allah, semua sudah siap”, kata Ibu Tri.

“Ada 5 tarian yang akan kami bawakan pada festival nanti, Tari Saman, Tari Piring, Giring-giring, dan Musik Angklung. Kami akan berangkat menuju Turki pada 19 April 2014 dan Insya Allah akan tiba kembali di Jakarta pada 29 April 2014.”

Bukan hanya siswa dan guru yang sibuk dalam persiapan ini, yang tak kalah penting adalah dukungan para orang tua siswa dan POMG. “Tanpa dukungan mereka, tentu kesuksekan persiapan ini akan berbeda ceritanya”, tutur Kepala Sekolah SD Islam Al Ikhlas yang akrab dipanggil Bu Yanti. “Untuk itu kami ucapkan terima kasih banyak atas dukungan dan bantuan para orang tua siswa, semoga segalanya berjalan lancar”, lanjutnya. Selamat berjuang para delegasi budaya bangsa, sukses selalu. (ir)

merah-putih2b merah-putih2a

Sharing is Caring:
error