FIELD TRIP KELAS 1

FIELD TRIP merupakan kegiatan yang sangat penting sebagai penunjang kegiatan mengajar di luar sekolah. Kegiatan ini menggabungkan dua kegiatan yaitu kegiatan wisata dengan kegiatan edukasi yang keduanya sangat penting bagi peserta. Ibu Yunita Kwartarani, M Pd. sebagai ketua kegiatan FIELD TRIP memilih Godong ijo sebagai tempat yang tepat, menyenangkan dengan tetap memperhatikan nilai-nilai yang hendak dicapai pada akhir kegiatan tersebut.

picture3Kegiatan FIELD TRIP Tingkat kelas 1 dilaksanakan pada hari Senin, 9 September 2013 sampai dengan Jum’at 13-Sept-13 kelas 1A – 1E

Kegiatan FIELD TRIP yang dilaksanakan di Godongijo sangat bervariasi. Adapun paket kegiatannya adalah sebagai berikut :1E. Seluruh siswa siswi kelas 1 sangat antusias mengikuti kegiatan FIELD TRIP ini. Waktu keberangkatan jam 7.30 sampai dengan 13.00.

  1. Siswa siswi datang berkumpul di aula godong ijo untuk menonton opera bertema global warning. Disini siswa berperan sebagai mengamat dan peneliti bagaimana jika hutan dirusak oleh manusia. Sampah di mana-mana. Siswa siswi menyimpulkan bahwa bila hutan tidak ada akan terjadi banjir, udara panas, binatang punah, dan akibat paling buruk adalah tiada kehidupan yang seimbang.
  2. Siswa siswi dibawa keliling untuk melihat binatang kura-kura. Dari penjelasan guide oleh kakak fitria, kura-kura namanya bagong berumur 21 tahun beratnya 250 kg dan setiap harinya memakan sayuran seperti kacang, wortel, kankung sebanyak 3 kg.
  3. Siswa siswi kemudian membuat kreasi berupa keramik hewan. Disini setiap siswa siswi mendapat tanah liat sebanyak 250 gr. Cara membuat keramik ini begitu menyita perhatian siswa dan siswi. Cetakan keramik seperti boneka, pesawat, kepiting diberi minyak, kemudian tahah litany dibuat bulatan yang di akan dicetak pada cetakan keramik. Setelah di cetak kemudian dikeluarkan, dan hasilnya begitu bagus membuat siswa siswi ingin menambah berbagai bentuk cetakannya. Keramik ini boleh dibawa pulang sebagai hasil karya sendiri.
  4. Siswa siswi kemudian diajarkan untuk menanam pohon. Pohon yang ditanam siswa siswi bervariasi seperti : jambu, mangga, jeruk, kelengkeng, rambutan. Selain menanam juga praktek memupuk dan menyiram tanaman.

picture4Walaupun terlihat lelah dan panas cuacanya siswa siswi tetap semangat mengikutinya. Salah seorang siswi dari kelas 1A bernama Waffa Tsabita Sanjaya menceritakan kembali serunya di sana ada ular besar, panjang tapi baik hati karena bisa kita pegang, ada landak walaupun bulunya kasar tapi lucu. Disana waffa bisa berlatih menanam pohon, membuat keramik dan jalan-jalan bersama teman-teman. Yang pasti semua menikmati dan belajar di alam. Pengetahuan alam begitu penting dan menyenangkan tidak hanya belajar di kelas saja.

FIELD TRIP sudah selesai, namun semua kenangan dan pembelajaran yang mereka dapatkan tak akan terlupakan dari pikiran seluruh siswa. Sampai ketemu dalam fieldtrip berikutnya. (lastri alix)

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.