Halal Bihalal SD Islam Al Ikhlas

halal-bihalal-sd-alixHari pertama masuk sekolah, setelah libur Hari Raya Idul Fitri, SD Islam Al Ikhlas mengadakan acara Halal Bihalal. Halal bihalal merupakan tradisi di lingkunganSD Islam Al-Ikhlas yang dilakukan sesudah hari lebaran antar guru, karyawan dan seluruh siswa-siswi. Kegiatan ini tentu saja menjadi tradisi tahunan yang unik dan tetap dipertahankan serta dilestarikan. Ini adalah refleksi ajaran islam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan dan saling berbagi kasih sayang di bulan syawal (lebaran).

Dalam kenyataannya perjalanan hidup manusia selalu tidak bisa luput dari dosa. Dosa yang paling sering dilakukan adalah kesalahan terhadap sesama teman dan guru dikelas. Seperti : iri hati, saling becanda dan menyakiti teman saat bermain. Halal bihalal merupakan peristiwa penting untuk saling memaafkan baik perkataan dan perbuatan. Dalam kaca mata islam, halal bihalal bertujuan untuk menghormati sesama teman dalam bingkai silaturahmi. Halal bihalal dilihat dari sisi silaturahmi dapat menjadi perantara untuk memperluas rezeki dan memperpanjang umur sebagaimana sebuah hadis dari Abu Hurairah ra ia berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda : “Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah bersilaturahmi.

Acara halal bihalal yang diselenggarakan di lapangan SMP Islam Al Ikhlas ini berlangsung dengan sangat hikmat. Acara Halal Bihalal ini semakin meriah ketika pengumuman pemenang Ramadhan Award dibacakan oleh Ketua Amaliah Ramadhan, Muslich Romadon, S. Th. I. (19/8/2013).

Siswa siswi yang mendapat piala Ramadhan Award diantaranya :

  1. Cut Dzaria A (1e)
  2. Tamara Annisa Mashia (2b)
  3. Naredra Ibrahim Nurtaqiy (3d)
  4. Putri Naura Ra’fah (4d)
  5. Muhammad Razaan (5b)
  6. Ghiffari Zahran R. (6c)

halal-bihalal-sd-alix1

Ramadhan Award adalah program di bulan ramadan untuk mendidik siswa siswi berperilaku islami. Seperti : rajin sholat, berpuasa di bulan ramadhan, sholat tarawih dan membaca al-quran. Dalam hal ini bertujuan untuk menghasilkan anak didik yang berakhlakul karimah. Menjadikan al-quran sebagai pedoman hidup serta gemar berperilaku islami.

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.