Kerjasama Sekolah dengan Orangtua

Tak ada  lembaga yang dapat beridiri sendiri, terutama Sekolah. Karena itu keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan dan program sekolah adalah sangat penting. Apa yang diajarkan sekolah kepada para siswanya hanyalah sebatas pegetahuan, penanaman nilai-nilai dan pembiasaaan hal-hal positif dalam pembentukan karakter.

index index2

Selanjutnya penerapannya di luar sekolah tentu sekolah tidak bisa memonitor para siswanya secara langsung. Karena itulah keterlibatan dan kerja sama orang tua dalam hal ini menjadi sangat penting. Orang tua dapat memberikan umpan balik kepada sekolah tentang sejauh mana pencapaian hasil belajar di sekolah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh anak terutama hal-hal yang berkaitan dengan pembiasaan perilaku. SD Islam Al Ikhlas menyadari betul hal itu. “Karenanya dalam hal pembiasaan Sholat lima waktu, misalnya, kami meminta orang tua untuk memperhatikan anaknya dan memberi masukan kepada sekolah. Apakah sholatnya masih bolong-bolong atau tidak. Untuk kelas 4 misalnya, kami memberi tugas kepada siswa agar belajar menjadi imam Sholat di rumah. Lalu kami meminta masukan dari orang tua siswa tersebut, apakah bacaannya sudah benar, apakah gerakannya sudah cukup tuma’ninah dll. Dari masukan orang inilah kami memeberikan perhatian dan pembinaan khusus kepada anak-anak yang belum baik sholatnya, baik kebiasaannya, gerakannya, atau pun bacaannya”, tutur kepala SD Islam Al Ikhlas Dra. Nurfiyanti, MPd.

Ketika Info Alik menanyakan target pendidikan agama di SD Al Ikhlas, Kepala Sekolah menjelaskan,  “Tartil membaca Al Quran, hafal 30 hadits Arbai’in, hafal 28 surat dari juz 30, dan dapat melaksanakan sholat 5 waktu secara sempurna dalam pengertian gerakannya dan bacaannya benar, tertib dan tepat waktu. Karena memang visi kami adalah melahirkan siswa yang berjiwa pemimpin, cerdas, dan berakhlaqul karimah”.

Sharing is Caring:
error