Kita Mulai dari Sini

1

Sekolah di bilangan Jakarta Selatan. Sekilas tampak sama dengan sekolah lainnya, tapi ada hal menarik yang bisa di lihat setelah kita masuk lebih dalam. Ketika saya mengabdikan diri disini, banyak hal menarik yang saya dapatkan baik dari siswa , rekan guru juga dari para orang tua.

Ketika anak menginjakkan kaki di pagi hari, anak-anak selalu disambut oleh guru-guru yang menyalami mereka, dan mendoakan agar mereka lancar mengikuti kegiatan sampai siang hari. Pembelajaran dimulai dengan kegiatan baris berbaris yang dipimpin oleh wali kelas lalu anak dipersilahkan masuk ke kelas dengan tertib. Disinilah pembiasaan-pembiasaan yang baik dan penanam karakter dimulai, yaitu :

  1. Siswa membuka kegiatan dengan membaca doa, dilanjutkan dengan murojaah hapalan bacaan Al-Qur’an dan hapalan hadis di tiap tingkat kelasnya.
  2. Setelah murojaah, siswa mendapatkan pembinaan dari wali kelas tentang penanaman karakter kepada siswa disertai dengan cerita yang menarik.

Salah satu karakter yang selalu ditekankan adalah tentang kedisiplinan. Dalam banyak hal, kedisiplinan menjadi hal nomor satu untuk menentukan hasil yang baik. Karena sukses pendidikan akan tampak ketika anak-anak menjadikan kedisiplinan sebagai pembiasaan yang melekat dalam kehidupannya.

Saya terharu ketika membaca tulisan seorang bapak di instagram tentang kedisiplinan sholat dari satu siswa kami yang melaksanakn sholat jumat di Masjid Al Ikhlas.

_103807783_8a58d31a-511c-4a5a-902e-711e02fdb0ce

Hal seperti ini yang membuat guru mengeluarkan air mata haru dan bahagia. Bahagia karena pembiasaan dan penanaman karakter yang diulang-ulang setiap hari, akhirnya diaplikasikan dalam pembiasaan ibadah dengan tertib.

3. Pembiasaan berwudhu yang selalu terawasi oleh guru, membuat anak-anak selalu berusaha berwudhu dengan benar.

ampyang

asas

(Pembiasaan setelah berwudhu selalu diawasi oleh guru

4.  Meletakkan alas kaki pada tempatnya dengan tertib menjadi perhatian dari kami para guru.

1c

 

Jakarta, 21 Januari 2019

Guru kelas IV-D | Yunita Kwartarani, M.Pd

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.