MISI BUDAYA SD ISLAM AL IKHLAS

Bismillahirrahmaanirrahiim….

Dengan berbekal semangat dan keinginan kuat, Sabtu pagi tanggal 25 Juli 2015 pukul 05.15 WIB, 17 orang anak  SD Islam Al Ikhlas berangkat menuju kota Tianjin, China, membawa misi budaya Indonesia. Hati mereka bercampur baur antara senang, sedih, dan bangga. Senang karena akan mendapat banyak pengalaman dan  berangkat bersama teman-teman. Sedih karena berpisah walau hanya sementara dengan orang tua dan saudara. Bangga karena menjadi duta budaya Negara Indonesia di lingkup internasional.

misi budaya

Tim ini akan mengikuti kegiatan ”Tianjin International Children’s Culture and Art Festival” yang berlangsung dari tanggal 25 – 31 Juli 2015 di Tianjin, China. Festival ini diadakan setiap 3 tahun sekali oleh pemerintah China dan diikuti oleh sekitar 47 negara yang ada di dunia ini. Setiap tim dari masing-masing negara akan menampilkan budaya negaranya masing-masing. Ada yang menari, menyanyi, memainkan alat music, mempresentasikan budaya yang ada di negaranya, ada juga lomba menggambar.

SD Islam Al Ikhlas mendapatkan kehormatan untuk dapat mewakili Indonesia di ajang ini. Undangan festival yang disampaikan melalui IOV (International Organization for  Folkart)  Indonesia Youth Section, salah satu lembaga yang berada di bawah naungan Unesco (badan PBB bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya) diterima pada bulan April 2015. Bekerja sama dengan Sanggar Tari Svadara sebagai tim produksi, tim misi budaya SD Islam Al Ikhlas akan membawakan 4 tarian daerah, yaitu Tari Zapin, Tari Indang, Tarian Papua, dan Tari Madura.

misi budaya

Setelah melalui proses latihan yang cukup panjang dan cukup melelahkan,  mulai dari pertengahan Mei  2015,  tim misi budaya SD Islam Al Ikhlas yang terdiri dari siswa kelas 4, 5, dan 6 siap menjadi duta budaya Indonesia ke Cina. Latihan diadakan setelah sepulang sekolah sekitar 2 jam lamanya setiap sepekan 3 kali. Bahkan ketika liburan dan  Ramadhan datang, tim ini tetap latihan dengan semangat. Rasa haus dan lapar saat berpuasa menyertai mereka saat latihan, namun dapat diatasi karena ingin menampilkan yang terbaik dalam festival di China ini.

Insya Allah anak-anak yang ikut dalam tim ini akan dapat banyak pengalaman yang akan menempa mereka menjadi generasi yang mandiri, bertanggung jawab, disiplin, berani, dan dapat bekerja sama dalam tim. Ini semua adalah tujuan diadakannya misi budaya ini. Anak-anak dalam tim dibiasakan mengurus sendiri segala keperluannya, mengatur waktu dengan sebaik-baiknya, dan berusaha menyesuaikan diri dengan teman-teman satu tim agar terbentuk tim yang kompak dan saling menghargai. Selama di China, mereka didampingi oleh para guru yang membimbing mereka, yaitu Bapak Endriwardi, Ibu Ida Badriah, dan Miss Rifianti Dewi.

Semoga Tim Misi Budaya SD Islam Al Ikhlas ini dapat membawa misinya dengan baik, dan semoga Allah SWT memberikan perlindungan kepada mereka selama berada di China hingga kembali ke tanah air.

Salam sukses selalu untuk TIM MISI BUDAYA SDI AL IKHLAS …..

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.