Penampilan Tim Misi Budaya

SD Islam Al Ikhlas Memukau di Jepang

Alhamdulillah, kegiatan Misi Budaya SD Islam Al Ikhlas dalam Children of The Word Festival 2016 Hakodate, Japan telah usai. Namun, kenangan dan pengalaman yang didapat tak akan pernai usai begitu saja,” tutur Kepala SD Islam Al Ikhlas, Dra. Hj. Nurfiyanti, M.Pd yang juga ikut dalam kegiatan ini mendampingi siswa.

Hakodate terletak di bagian utara Jepang, tepatnya di Pulau Hokkaido dan jaraknya sekitar 856 Km dari Kota Tokyo, Jepang. Di sinilah Tim Misi Budaya SD Islam Al Ikhlas mengikuti berbagai kegiatan dalam festival yang baru pertama kali diselenggarakan untuk anak-anak ini. Sebelum tampil pada acara puncak, tim misi budaya terlebih dahulu tampil di Kindergarten Hakodate dan Fururu Dormitory.

Kegiatan misi budaya yang telah berlangsung mulai tanggal 17 -23 Februari 2016 ini melibatkan 13 siswa, 2 guru pendamping, 1 perwakilan karyawan Yayasan Masjid Al Ikhlas (YMAI), 1 pelatih tari dari Sanggar Svadara, dan 1 orang perwakilan dari IOV (International Organization Volkenvurst). Melalui berbagai tarian tradisional Indonesia, seperti Tari Sunda-Betawi, Tari Batak, Tari Lenso dan Tari Minang, tim misi budaya SD Islam Al Ikhlas memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia kepada masyarakat Jepang.

Tak hanya itu, semua peserta dari berbagai negara seperti Rusia dan Taiwan sangat gemuruh memberikan tepuk tangan serta sorak sorai atas penampilan Tim Misi Budaya SD Islam Al Ikhlas di Hakodate Citizen Public Hall, Jepang. Acara ini juga dihadiri oleh Ibu Alinda Zein, selaku Kepala Atase Pendidikan  Kedutaan Besar Republik Indonesia, Tokyo, Jepang. Beliau sangat terkesan dan bangga dengan penampilan anak-anak dari SD Islam Al-Ikhlas. “Saya senang sekali bisa hadir dan menyaksikan penampilan yang luar biasa dari anak-anak. Saya juga bangga karena mereka semua menggunakan jilbab, Allahu Akbar!

Setelah penampilan yang memukau pada puncak acara, Tim Misi Budaya SD Islam Al Ikhlas mendapat kehormatan untuk tampil di Matsushiro Elementary School. Selain memperkenalkan tarian tradisional Indonesia, tim misi budaya di ajak untuk berkeliling sekolah untuk  mengenal sistem sekolah, sarana dan fasilitas sekolah serta  karakter siswa. Kegiatan Tim Misi Budaya SD Islam Al Ikhlas ini pun diliput oleh NHK TV Jepang. “Waaahhh… seru ya bu! saya bangga bisa tampil memperkenalkan budaya Indonesia di sekolah ini dan saya juga  senang bisa belajar banyak hal dari sekolah ini. Sambutan warga sekolahnya pun sangat baik dan ramah” Ujar Ananda Syaafiyah, salah satu siswa.

Kegiatan Children of The Word Festival 2016 Hakodate, Japan sangat berkesan bagi Tim Misi Budaya SD Islam Al Ikhlas. Selain mengemban misi budaya, kami juga membawa nama baik serta membina karakter siswa. Kami pun bangga memiliki kesempatan ini, karena kami dapat belajar dari kebudayaan dan karakter bangga Jepang yang luar biasa hebat.

 

*Uun Susilowati

Sharing is Caring:
error