PESANTREN RAMADHAN TAHUN 2015 M/1436 H

pesantren-ramadhan-2015

Kumandang ramadhan bergema diseluruh penjuru dunia bagi warga muslim, menandakan bulan ramadhan merupakan bulan suci yang penuh rahmat (kasih sayang), dan maghfiroh (ampunan).

Sebagai lembaga pendidikan Islam, SD Islam Al Ikhlas Cipete tidak ketinggalan untuk ikut memeriahkan dan menghidupkan bulan suci ramadhan dengan mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh siswa dan dewan guru/karyawan.

Adapun rangkaian  kegiatan / agenda Amaliyah  Ramadhan 1436 H di bagi menjadi 2 (dua) kelompok yakni sebagai berikut

  1. Kegiatan / agenda  untuk  siswa SD Islam Al-Ikhlas  dilaksanakan setiap hari selama dua minggu, diantaranya :
    1. Shalat duha berjamaah dimasing-masing kelas
    2. Tadarus didampingi guru kelasnya
    3. Target menghafal QS. An-Naba ayat 1-40 dari kelas 1-6
    4. Target menghafal 5 doa-doa pilihan dengan artinya
    5. Target menghafal arti bacaan-bacaan shalat
    6. Praktikum wudhu dan shalat
    7. NOBAR, nonton bareng tayangan film bernuansa Islami
    8. Buka puasa bersama
    9. Shalat tarawih berjamaah di masjid Al Ikhlas
  2. Kegiatan / agenda  untuk  guru/karyawan SD Islam Al-Ikhlas  dilaksanakan selama bulan ramadhan diantaranya :  
    1. Tadarus dan tahsin perkelompok
    2. Pengajian ramadhan yang dibimbing oleh Prof. Dr. Darwis Hude (Direktur Pasca kampus PTIQ)
    3. Khataman Quran berjamaah
    4. Buka puasa bersama

Beberapa kegiatan amaliyah ibadah selama bulan ramadhan tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pertama, yang menarik di tahun ini dan sekaligus membuat seluruh siswa bersemangat datang ke sekolah selama bulan ramadhan adalah adanya  pembelajaran dan penanaman/pembentukan  akhlaqul karimah dengan  metode siswa menyaksikan tayangan film Islami  “ Tematik ” dengan durasi 1 jam setiap harinya.

Tentu berbeda film yang ditayangkan  antara  siswa  rendah dan kelas tinggi. Siswa kelas 1-2 setiap harinya disuguhkan tentang  cerita/sejarah nabi dan akhlaq terpuji melalui penayangan film dalam bentuk “ film kartun “ , sedangkan untuk siswa kelas 3-6 menyaksikan tayangan “ Khazanah Islami “  yang menggambarkan makna ajaran Islam yang lebih komprehensif.

Hampir seluruh siswa merasakan senang dan gembira mengikuti proses pembelajaran selama bulan ramadhan tahun ini.

Kedua, pada tahun ini SD-Islam Al-Ikhlas memberikan target hafal surat An-Naba’ ayat 1-40 untuk seluruh siswa dari kelas 1-6, tentu siswa merasa senang dan ceria selama mengikuti proses hafalan surat An Naba’, karena guru menyampaikannya dengan menggunakan audio visual, siswa diajak menghafal surat yang panjang tersebut tanpa terasa sulit.

Setiap pagi diperdengarkan bacaan surat An Naba’ disetiap kelas, guru memberikan apresiasi bagi siswa yang cepat menyelesaikan hafalan surat An Naba’.

Ketiga, yang berbeda dari tahun sebelumnya adalah siswa bersama semua dewan guru melaksanakan shalat tarawih berjamaah di masjid Al-Ikhlas, yang didahului dengan kegiatan buka puasa bersama di sekolah.

Nuansa Indah kebersamaan dalam berbuka puasa terasa menyentuh hati karena disempurnakan dengan adanya penyelenggaraan santunan anak-anak yatim. Siswa SD Islam Al-Ikhlas berbuka puasa dengan anak-anak yatim sekitar.

Ya rabb…..

Terima kasih kami semua diberi kesempatan untuk menikmati jamuan bulan ramadhan tahun ini. Tentu dengan harapan bisa bertemu kembali ramadhan tahun-berikutnya.

Kami segenap pimpinan dan dewan guru SD Islam Al-Ikhlas mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, raih kemenangan yang gemilang pada idul fitri esok hari.

Mohon maaf lahir dan batin

pesantren-ramadhan-2015-2

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.