Semarak Kreasi Seni Dalam Aliks Expo 2016

Daun salam bercabang dua
Daun padi di atas kertas
Yang jawab salam saya masuk surga
Yang ga jawab salam saya masuk kulkas

Pantun pembuka tersebut menjadi penyapa para penonton dan tamu undangan pada acara Aliks Expo yang berlangsung pada Sabtu, 16 April 2016 lalu. Aksi seru dua MC, Bapak Sofyan dan Ibu Uun ini mengundang perhatian para penonton karena  dalam membawakan acara mereka menyisipkan pantun dan canda tawa serta interaksi yang menarik. Acara Aliks Expo yang diawali dengan aksi senam bersama dipimpin oleh Bapak Ariyanto dan 3 polisi dari perwakilan Polsek Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan ini menambah semangat dan antusiasme para penonton serta tamu undangan. Sebelum menikmati sajian penampilan berikutnya, para penonton dibuat tegang oleh aksi Tim Panahan dari SMP Islam Al Ikhlas yang memanah titik sasaran sehingga ratusan balon dapat terbang ke angkasa. Alhamdulillah, dengan mengucap bismillah tim panahan dapat melayangkan busur panahnya ke titik sasaran dan ratusan balon terbang ke udara sebagai simbol Opening Alix Expo 2016. Penonton pun riuh bersama tepuk tangan yang meriah.

Penonton yang terdiri dari siswa, guru, orang tua, pengurus dan dewan pembina Yayasan Masjid al Ikhlas serta para tamu undangan ini semakin terpukau dengan penampilan – penampilan siswa tiap tingkat kelas SD Islam Al Ikhlas. Tingkat kelas 1 menampilkan Seni Tari Kreasi Ondel-Ondel yang berasal DKI Jakarta. Semua siswa kelas 1 berlenggak-lenggok mengikuti irama lagu Ondel-ondel dengan riang gembira.  Ada hal menarik dari penampilan tersebut karena beberapa siswa putra menggunakan kostum ondel-ondel lengkap dengan topengnya. Siswa kelas 2 menampilakan Medley Tarian Tradisional Indonesia, seperti Tari Ondel-Ondel, Angin Mamiri, dan Yamko Rambe Yamko. Uniknya, perlengkapan  kostum yang digunakan oleh siswa-siswi  tersebut memanfaatkan alam seperti mahkota yang terbuat dari dedaunan. Selanjutnya Atraksi  semaphore kelas 3 menambah semarak lapangan SMP Al Ikhlas, dengan bendera semaphore yang berwarna merah dan kuning siswa-siswi menampilkan kode/sandi alfabet membentuk kata Aliks Expo.

Tiba-tiba suara riuh penonton berubah menjadi gelak tawa saat siswi tingkat kelas 4 menampilkan penguin dancers. Gerakan mengikuti hewan penguin dipadukan dengan kreasi gerakan senam membuat siswi kelas 4 nampak lucu dan menggemaskan. Disambut penampilan siswa kelas 4 dengan Salawat Nabi diiringi musik perkusi dari barang-barang bekas seperti galon air dan botol minuman yang mereka mainkan sendiri, mengingatkan kita akan kebesaran Nabi Muhammad SAW. Aliks Expo 2016 semakin semarak dan meriah ketika tingkat kelas 5 memenuhi lapangan dari dua penjuru dengan membawa tongkat yang tersemat bendera merah putih. Semua siswa berlari membentuk formasi-formasi yang dinamis dalam parade tongkatnya. “Sungguh penampilan-penampilan yang luar biasa dan sangat kreatif” tutur Ibu Dra. Hj. Nurfiyanti, M.Pd selaku Kepala SD Islam Al Ikhlas saat menyaksikan Aliks Expo 2016 ini. Bu Yanti juga menambahkan bahwa Aliks Expo merupakan salah satu program kegiatan Komisi Kesiswaan yang bertujuan sebagai wadah dalam membina dan mengembangkan kreatifitas siswa. Hal yang sama juga disampaikan oleh salah satu siswa SD Islam Al Ikhlas, Ahmad Adrian Maulana Kelas 4D, Adrian mengatakan bahwa acara Aliks Expo 2016 sangat seru. Saya juga senang sekali karena penampilan kita ditonton oleh orang tua. Jadi, orang tua tau kalau anak-anaknya punya bakat di bidang seni, seperti saya yang bermain alat musik dari galon bekas.

Kegiatan Aliks Expo semakin lengkap dengan penampilan-penampilan dari perwakilan unit yang ada di YMAI, seperti penampilan Tari Ondel-Ondel oleh siswa TK Islam Al Ikhlas, Tari Giring-Giring oleh siswi SMP Islam Al Ikhlas, Parade Baris-berbaris dari Ekstrakulikuler Pasukan Pengibar Bendera SMP Al Ikhlas (PASKALIX), dan masih banyak lagi. Selain itu, dalam acara tersebut juga diumumkan para pemenang lomba internal dan eksternal yang diadakan oleh SD Islam Al Ikhlas sebagai bagian dari rangkaian acara Aliks Expo 2016. Lomba internal yang dilaksanakan pada 11-14 April 2016 ini meliputi lomba basket, futsal, dan bulu tangkis. Sedangkan lomba eksternal yang dilaksanakan pada Selasa, 12 April 2016 ini meliputi lomba estafet mewarnai dan futsal.

Di penghujung acara, MC pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan hadir dalam acara tersebut. Ibu Jatu Murnihijarwanti, selaku Ketua Aliks Expo 2016 ini juga mengucapkan terima kasih kepada panitia, siswa, orang tua, POMG SD, Unit TK, SMP, Pengurus dan Dewan Pembina YMAI serta tamu undangan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dengan hikmat acara Aliks Expo 2016 pun ditutup dengan doa dan sujud syukur yang dipandu oleh Bapak Alfi Irhamsyah.

(Uun Susilowati/Guru SD)

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.