Semarak Lomba “Gema Kolaborasi Angklung” ALIX EXPO

Musik angklung merupakan salah satu kesenian kebanggaan rakyat Indonesia. Kesenian angklung memiliki keunikan tersendiri, dengan perpaduan musiknya yang dibawakan oleh banyak orang, sehingga membutuhkan kebersamaan dan kekompakan dalam memainkannya. Ini merupakan gambaran dari jiwa rakyat Indonesia yang memiliki sifat saling bekerja sama dalam persatuan dan kesatuan.

Pada hari Sabtu, 21 Maret 2015, SD Islam Al Ikhlas menggelar lomba “Gema Kolaborasi  Angklung” dalam rangkaian acara Alix  Expo. Lomba ini digelar dalam rangka menyambut Milad YMAI yang ke-48. Tempat pelaksanaan lomba di lantai 4 gedung SMP. Lomba ini diadakan dalam rangka Milad YMAI yang ke-48 serta bertujuan untuk melestarikan budaya kesenian musik angklung. Selain itu bertujuan agar kita lebih mencintai kesenian daerah  Indonesia, serta sebagai wadah mengexplorasi bakat yang dimiliki siswa.

Lomba Gema Kolaborasi Angklung ini diikuti oleh siswa – siswi tingkat SD Se- Jabodeta. Acara ini berlangsung dengan penuh ketenangan, ketertiban, dan keheningan. Keceriaan dan jiwa semangat terlihat pada wajah peserta, panitia, serta penonton yang menyaksikan lomba tersebut. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 150 penonton.

Kegiatan lomba angklung ini diawali dengan serangkaian acara yang sudah tersusun rapih  oleh panitia. Dimulai dari pembacaan ayat suci Al Qur’an, sambutan dan lainnya. Seluruh peserta lomba membawakan 2 Lagu, yaitu lagu wajib “bintang kejora” dan 1 lagu bebas dengan aransemen sendiri yang dibuat oleh pelatih masing – masing.

Panitia menghadirkan 2 juri yang memiliki kapasitas ilmu di bidang musik angklung.

Lomba Gema kolaborasi Angklung dimenangi oleh :

  1. Juara 1                   : SD Islam Al Ikhlas
  2. Juara II                   : SD Trisula Perwari 3
  3. Juara III                  : SD Islam Al Fauzien
  4. Juara Harapan 1     : SD Putra  01
  5. Juara Harapan II     : SD Tebet Barat 05
  6. Juara Harapan III    : SD Muhammadiyah 24

Dan selain kategori Group angklung terbaik, ada kategori secara individu :

  1. Juara konduktor terbaik : Auramitha Ayunira Natasha dari SD Tebet Barat 05
  2. Juara kostum terbaik     : SD Muhammadiyah 24

Lomba angklung ini sangat mengundang apresiasi positif dari berbagai kalangan, dengan lancarnya ketika acara berlangsung. Sehingga mudah-mudahan bisa terus berlanjut pada tahun-tahun yang akan datang.

Selamat kepada para peserta yang telah meraih prestasi. Di tunggu partisipasi selanjutnya dalam lomba angklung yah

angklungalix

Sharing is Caring:
error