Akankah 2017 Menjadi Tahun Berkembangnya Startup Pendidikan di Indonesia?

2017 Menjadi Tahun Berkembangnya Startup Pendidikan di Indonesia access-point-wifiPerusahaan induk Telkom terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel, mengumumkan telah membuka akses wifi ke 100 institusi pendidikan tinggi dan 1.000 sekolah di seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan rencana perusahaan memasang 100.000 hotspot wifi di sekolah-sekolah di Indonesia yang sedang dicanangkan tahun ini dan bahkan di tahun-tahun berikutnya. Sebuah berita bagus bagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi karena sekarang pelajar Indonesia menjadi lebih mudah dan lebih terjangkau untuk mengakses dunia online. Pertanyaannya adalah, apakah ini akan membantu startup pendidikan baru untuk berkembang di negara ini?

Pembicaraan tentang kurangnya pengguna di sektor pembelajaran online pada zaman sekarang ini merupakan sesuatu hal yang dapat dibilang tidaklah lumrah. Karena masyarakat sekarang sangat berbeda dengan kalangan masyarakat pada beberapa tahun sebelumnya. Beberapa industri seperti media sosial merupakan salah satu alasan terbesar untuk situasi seperti ini, yaitu telah terdapat banyak fasilitas yang bisa diperoleh dengan mudah di tangan pelajar Indonesia untuk berselancar ke dunia online. Dengan adanya perkembangan yang secara signifikan dapat menaikkan tingkatan angka melek teknologi informasi dan komunikasi, akhirnya para pengusaha harus secara serius dalam melirik dan mulai melihat industri pendidikan sedikit lebih tajam dari tahun-tahun sebelumnya. Berikut dapat dirangkum beberapa alasan yang membuat para pengusaha besar untuk tertarik dan akhirnya memilih ikut terjun dalam bisnis dunia pendidikan.

  1. Persaingan belum begitu ketat

Tahukah kamu situs e-learning terbesar yang dikelola pemerintah? Adalah ‘Rumah Belajar’ salah satu situs pendidikan terbesar yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang telah dinobatkan sebagai peringkat ke-447 di negara. Situs ini menawarkan kelas virtual yang menghubungkan guru dan siswa secara online. Alat yang dipakai oleh situs ini adalah e-book gratis dan sejumlah materi online gratis (beberapa di antaranya dalam bentuk game berbasis Flash).

Bagaimana dengan situs pendidikan dari luar negeri? Hmm.. sepertinya sudah sangat berkembang lebih pesat bukan? Kamu bisa melihat beberapa contohnya di banyak laman yang ada di bagian kolom berita/artikel di sini. So, kindly check for it peeps!

  1. Koneksi di lingkungan yang kondusif

Akses web yang lebih baik di sekolah merupakan lonjakan baru yang sangat potensial untuk situs web pendidikan. Sebelumnya, basis pengguna mungkin sangat kecil untuk mengakses e-learning semacam itu, hanya keluarga berpenghasilan menengah ke atas yang dapat membiarkan anak-anak mereka mengakses materi pembelajaran di komputer rumah, sementara orang lain harus mencari akses internet seperti warung internet-tempat di mana anak-anak cenderung mulai bermain game online daripada mengakses situs e-learning. Tapi sekarang, mereka lebih dipermudah dengan adanya lebih banyak akses wifi yang terhubung di sekolah mereka, di mana guru dan juga siswa dapat berkolaborasi untuk mendorong akses yang lebih besar ke situs pendidikan berbasis online. Tentu saja siswa bukan satu-satunya pasar potensial yang menggunakan akses web e-learning, namun orangtua dan guru harus pula memiliki minat besar dalam pembelajaran online.

  1. Kalau tidak mulai sekarang, kapan lagi?

Keinginan untuk memulai bisnis dalam bentuk education learning merupakan sebuah keuntungan, karena saat ini jumlah pesaing masih dalam angka tingkat menengah (setidaknya cukup lebih berkembang karena mudahnya antarmuka pengguna aplikasi smartphone) dan juga lebih mudah untuk mendapatkan visibilitas pengguna.

Kiranya 2017 akan menjadi tahun yang hebat bagi orang-orang yang ingin membangun situs e-commerce mereka sendiri atau meluncurkan beberapa aplikasi pendidikan e-learning. Semoga tahun ini bisa menjadi tempat di mana kita melihat lebih banyak startup pendidikan baru, karena memecahkan masalah pendidikan akan menjadi cara awal untuk mewujudkan majunya perkembangan ekonomi bagi bangsa ini. (TN)

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.