AKSELERASI, SEBUAH PERCEPATAN KONSEP DASAR MATERI UJIAN NASIONAL

Tidak sedikit sekolah di Indonesia yang menerapkan program akselerasi untuk peserta didiknya. Program akselerasi yang sudah terkenal di dunia pendidikan Indonesia adalah program akselerasi kelas dimana peserta didik yang memiliki kemampuan di atas rata – rata standar dapat meloncati satu tingkatan kelas agar dapat menyelesaikan studi lebih cepat. Kendati demikian, keefektifitasnya belum terlalu banyak dirasa selain hanya mempercepat waktu kelulusan dan hanya diperuntukan peserta didik yang memiliki kemampuan diatas rata-rata. Lebih jauh lagi, SMP Islam Al Ikhlas memiliki program akselerasi untuk semua peserta didik dan bukan percepatan waktu kelulusan.

AKSELERASI, SEBUAH PERCEPATAN KONSEP DASAR MATERI UJIAN NASIONAL - SMP ISLAM AL IKHLAS

Program akselerasi SMP Islam Al Ikhlas merupakan program percepatan kemampuan konsep dasar materi pelajaran UN (Ujian Nasional), yaitu Matematika, Fisika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris yang dilaksanakan sejak pertama masuk di bangku kelas VII hingga kelas IX SMP. Materi tingkatan SMP merupakan materi tingkat dasar untuk pengembangan keilmuan selanjutnya, tetapi disayangkan kesulitan belajar di SMA kebanyakan terjadi dikarenakan peserta didik tidak menguasai konsep dasar dan pola fikir mendasar dalam 4 materi dasar UN selama belajar dibangku SMP. Selain untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai konsep dasar materi – materi pelajaran, program akselerasi dapat membantu peserta didik mempersiapkan diri menghadapi UN. Lebih dari itu, sejak dilaksanakan program akselerasi, peserta didik menunjukan tingkat penyerapan materi yang lebih baik dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) kurikulum 2013.

Program akselerasi SMP Islam Al Ikhlas dilaksanakan setiap hari senin sampai dengan kamis setelah kegiatan murojaah pagi Juz 30 dan sebelum istirahat pertama. Program akselerasi terdiri dari berbagai kegiatan, yaitu kegiatan drill soal (mengerjakan soal konsep dasar dengan cepat dan waktu terbatas) untuk pelajaran konsep dasar Matematika dan Fisika; kegiatan pemberian PR untuk materi Matematika, Fisika, dan Bahasa Indonesia; kegiatan akselerasi Bahasa Inggris dengan menuliskan karangan dengan tema yang sudah ditentukan dan mempresentasikannya di depan wali kelas dan teman; kegiatan konsultasi MIPA jika terdapat peserta didik yang masih kesulitan dalam memahami konsep dasar materi pada kegiatan akselerasi; kegiatan laporan hasil akselerasi yang diberikan pada orangtua pesera didik setiap akhir semester. Serangkaian kegiatan ini dilakukan untuk menyukseskan peserta didik secara cepat dapat memahami konsep dasar materi dari pelajaran dasar UN. “Practice makes perfect”, semakin sering dilatih semakin terasah kemampuannya dan semakin berprestasi. Salam pendidikan! (GR, 2018)

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.