ALIX CUP 2017 GAUNGKAN “BRILLIANT INVENTORS” UNTUK TEMA BESAR MEREKA TAHUN INI

 

Alix Cup 2017Alix Cup adalah program kegiatan unggulan dari kesiswaan sebagai ajang untuk mendapatkan pengalaman siswa dalam berorganisasi melatih jiwa kepemimpinan, team work, dan ajang prestasi bagi siswa SMP Islam Al Ikhlas. Tujuan yang diharapkan dari kegiatan Alix Cup ini adalah agar siswa dapat merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan berskala besar dengan baik (Management Event), siswa juga dapat mengeksplorasi kreativitas, ide pendapatnya, serta meningkatkan rasa kepercayaan diri mereka.

Selain itu Alix Cup juga merupakan sebuah acara tahunan yang dilaksanakan oleh siswa-siswi SMP Islam Al-Ikhlas Cipete, Jakarta Selatan. Acara ini adalah ajang berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik yang diikuti oleh hampir semua sekolah se-Jabodetabek tingkat SD maupun SMP. Alix Cup sudah menjadi acara tahunan SMP Islam Al-Ikhlas yang sudah berjalan rutin sejak tahun 1996 dan sampai sekarang. Pada awalnya Alix Cup dilaksanakan tiap dua tahun sekali, namun dimulai pada tahun 2006 event Alix Cup  dilaksanakan setiap tahun.

Mengapa SMP Islam Al Ikhkas menyelenggarakan Alix Cup? Ajang ini merupakan salah satu program sekolah yang bertujuan untuk melatih siswa-siswi berorganisasi, berkomunikasi, berprestasi, bersportivitas, bekerja sama, berkoordinasi, berpikir cerdas, bertanggung jawab, dan kreatif, serta menjunjung pengaplikasian 7 tata nilai yang ada di SMP Islam Al Ikhlas. Dengan adanya kerja sama di seluruh siswa baik kelas 7, 8, maupun 9, maka rasa kebersamaan lebih ditumbuhkan. Diharapkan tidak ada rasa perbedaan di hati para siswa. Di samping itu, Alix Cup melibatkan banyak pihak dan dapat menjadi ajang silaturahim antarsiswa SD maupun SMP se-Jabodetabek.

Tema yang diusung Alix Cup pada tiap tahunnya tentu berbeda-beda. Pada tahun 2017 ini, Alix Cup menggaungkan tema “Brilliant Inventors” dengan motto ‘Dare to Create, Dare to Invent”. Tema “Brilliant Inventors” diangkat karena para siswa menganggap bahwa dengan adanya para ilmuwan tersohor zaman dahulu kala maka mereka terinspirasi erta berkesinambungan dengan perkembangan ilmu pengetahuan pada zaman sekarang ini.

Seluruh panitia bekerja keras agar acara ini dapat berlangsung dengan lancar, bantuan dari berbagai pihak seperti orangtua siswa yang dipimpin oleh POMG (Persatuan Orangtua Murid dan Guru), sponsor, media partner, serta keikutsertaan pemerintah Kota Jakarta Selatan pun tak kalah pentingnya bagi kelangsungan acara ini.

Waktu pelaksanaan kegiatan Alix Cup dimulai pada tanggal 29 september – 7 Oktober 2017. Adapun bentuk kegiatan perlombaan maupun pertandingan yaitu berupa Basket, Futsal, Tari Tradisional, Panahan, Fotografi, Tahfidz Qur’an, Da’i Cilik, Speech, Story Telling, Pidato, Puisi, Paskibra, dan MIPA. Lokasi yang dipilih untuk menyelenggarakan Alix Cup adalah Lapangan TK dan SMP Islam Al Ikhlas, Homecourt fatmawati, dan Citos Sport Centre.

Sebanyak 84 sekolah yang sudah ikut dan berpartisipasi pada Alix Cup tahun ini dan jumlah peserta yang terlibat lebih dari 1500 siswa. Panitia pun berharap semoga dengan adanya kegiatan Alix Cup dapat mewadahi generasi muda agar lebih kreatif, berkarya, dan bertalenta di bidangnya masing-masing. (TN)

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.