Alix Islamic Scout 2015

ALIX Islamic Scout Tahun 2015

alix-islamic-scout-tahun-2015-aAba-aba pun diberikan kepada para penggalang oleh kakak Pembina sebagai tanda bersiap karena mereka akan melakukan perjalanan menuju Citra Alam Riverside, Cisarua, Bogor. Perjalana mereka menuju Citra Alam Riverside, Cisarua, Bogor dalam rangka camping pramuka “ALIXISLAMIC SCOUT 2015” yang akan berlangsung selama tiga hari dua malam.

Para penggalang yang menjadi peserta dalam camping tidak lain adalah siswa kelas VII SMP Islam Al Ikhlas Cipete. Sedangkan kakak Pembina yang mengikuti camping adalah Ustadz M. Nuh Hasan, S.Ag yang merupakan guru PAI di SMP Islam Al Ikhlas dan dibantu oleh teman-temannya. Walaupun background beliau sebagai guru PAI akan tetapi pengalaman beliau dalam Ke-Pramukaan dinilai cukup mumpuni terutama dalam melatih dan membimbing pramuka dan dibantu oleh kakak-kakak pembina dari Gudep Syailendra Kecamatan Cilandak.

Perlu diketahui bahwa Pramuka merupakan salah satu intrakurikuler di SMP Islam Al Ikhlas Cipete karena merupakan kegiatan wajib kurikulum 2013. Kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa kelas VII ini bahkan cukup diminati oleh siswa karena cukup banyak menyajikan kegiatan yang selalu berhubungan dengan alam seperti kegiatan camping yang baru saja selesai dilaksanakan.

Tema “Pembentukan Sikap dan Karakter Menuju Generasi Rabbani” pun diusung. Tema tersebut diusung dengan tujuan terciptanya pembentukan 3 ranah dalam kehidupan seorang anak yaitu psikomotorik (gerak), Kognitif (kecerdasan) dan afektif (sikap). Hal tersebut mencakup sikap disiplin dalam menghargai waktu, menghargai sesama dan yang terpenting adalah menghargai kehidupan mereka sendiri sebagai generasi rabbani.

alix-islamic-scout-tahun-2015-bSelama camping beragam kegiatan telah disusun secara apik agar tidak ada waktu yang terbuang percuma. Selepas tiba di Citra Alam Riverside, Cisarua, Bogor pada siang hari, masing-masing regu diberi tugas mendirikan tenda. Selepas itu mereka sholat Maghrib berjamaah dibawah naungan alam. Pada malam harinya beragam kegiatan yang tak kalah seru telah menanti mereka. Mulai dari api unggun hingga games menarik lainnya. Api unggun merupakan moment yang tidak akan pernah bisa terlepas dari kegiatan pramuka. Para siswa duduk mengelilingi api unggun bersama melepas lelah dan bersiap untuk acara selanjutnya. Menjelang tengah malam peserta camping diwajibkan mengikuti renungan malam. Berlangsung dengan begitu khidmat terlebih lagi renungan malam mereka kala itu berselimutkan alam sehingga semakin menambah kekhidmatan suasana, sampai-sampai terdapat tiga orang siswa yang jatuh pingsan. Acara dilanjutkan dengan jurit malam dan games seru lainnya hingga pagi menjelang. Semua kegiatan berlangsung di alam terbuka seperti disampaikan, Pembina Pramuka “Alam terbentang jadikanlah ilmu”. Karena alam mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia maka seyogyanya manusia bisa terus menggali potensi serta ilmu luar biasa yang dimiliki alam.

Sharing is Caring:
error