Belajar ke Singapura

Belajar ke Singapura

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, SMP Islam Al Ikhlas baru saja melakukan studi banding ke Sekolah Islam AL Juned singapura. Beberapa guru senior, kepala sekolah, dan Ketua Bidang Pendidikan YMAI berangkat ke sana pada 30 Maret sampai dengan 1 April 2016. Banyak hal yang dapat dipelajari dari Sekolah Islam terbaik di singapura tersebut, di antaranya adalah tentang pembinaan kesiswaan, aneka metode pembelajaran dan manajemen SDM. Dalam pembinaan kesiswaan hal yang dapat dipelajari adalah Konsep pembinaan kakak kelas kepada adik kelas atau murabbi-mutarabbi, sehingga membuat persaudaraan antarsiswa menjadi lebih kental dengan rasa kasih sayang, bebas bully dan menjadikan siswa lebih mandiri dalam melaksanakan kegiatan. Namun semua itu tetap berada dalam bimbingan para guru. Dalam bidang akademik para guru banyak belajar tentang metode pembelajaran yang berpusat pada siswa (learning students centre). Sementara dalam bidang manajemen SDM para peserta studi banding mendapat masukan tentang cara perekrutan para calon guru.

Dalam studi banding tersebut, bukan hanya para guru yang berangkat, namun juga para siswa kelas delapan. Di sana para siswa ikut belajar di dalam kelas bercampur dengan para siswa sekolah Al Juned yang setingkat dengan mereka. Ini adalah pengalaman baru bagi para siswa kelas delapan, mereka belajar di sekolah Islam Al Juned, singapura. Semoga pengalaman baik mereka dapat mereka tularkan ketika mereka kembali ke sekolahnya sendiri.

Selain belajar di Sekolah Islam Al Juned, para siswa juga dibawa berkunjung ke Nanyang Technology University, salah satu perguruan tinggi terbaik di Asia. Di sana mereka mendapat berbagai pengalaman dari beberapa mahasiswa asal Indonesia yang mendapat beasiswa kuliah di sana. Dari kegiatan ini  para siswa sekolah Islam Al Ikhlas mendapat pemahaman dan motivasi untuk melihat pendidikan masa depannya.

Berikut merupakan dokumentasi kegiatan disana,

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.