MEMANFAATKAN UANG RECEH SISA JAJAN

uang-recehBagi kebanyakan orang, uang receh selalu dipandang sebelah mata. Namun siswa SMP Islam Al Ikhlas tidak demikian, uang tersebut mereka kumpulkan setiap hari, entah uang receh seratusan, dua ratusan, lima ratusan,atau uang logam seribuan. Mereka tahu, jika dukumpulkan dalam jumlah banyak, uang tersebut tentu sangat berguna.

Sejak sekitar 4 tahun yang lalu SMP Islam AL Ikhlas bekerja sama dengan PKPU (Pos Keadilan Perduli Ummat) dalam pengumpulan uang receh tersebut untuk disalurkan kepada kaum dhuafa/ saudara-saudara muslim yang memerlukan bantuan. Untuk itu PKPU memfasilitasi kaleng celengan. Jadi setiap siswa memiliki satu celengan. Di celengan itulah mereka mengumpulkan uang recehan sisa jajan. Setelah beberapa bulan celengan itu mereka buka bersama-sama di aula serba guna.

Dalam hal ini biasanya pengurus OSIS bertindak sebagai koordinator. Mereka mengumpulkan, menghitung dan mengamanahkannya kepada PKPU untuk disalurkan kepada saudara-saudara muslim yang membutuhkan bantuan. Ternyata beramal itu bukan soal kemampuan, tapi soal kemauan. Namun demikian, banyak juga siswa yang mengikhlaskan uang sepuluh ribuan, dua puluh ribuan atau lima puluh ribuan untuk membantu sesamanya. Barokallah. (iwn)

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.