Membuat E-Learning Platform Berbasis Pendidikan,

Kenapa Tidak?

e-learning platform

Pada zaman sekarang ini untuk melakukan suatu “pemasaran” di seluruh dunia, hampir semua sistem penjualan itu telah menggunakan teknik berbasis online, baik itu e-commerce atau e-learning. Penggunaan dan aksesibilitas internet berkecepatan tinggi telah membawa pergeseran paradigma dalam perilaku konsumen terhadap apapun di depannya. Karena kemudahan akses dan fleksibilitas, pendidikan online menjadi pilihan populer untuk para pengguna. Industri e-commerce atau e-learning ini memang sedang melambung tinggi ketenarannya, untuk itu dunia pendidikan pun harus ikut menikmati kemudahan yang diperankan dari teknologi dan internet agar pendidik dan penikmat pendidikan memiliki kesempatan baru untuk melebarkan sayapnya ke pasar dengan lebih mudah.

Kalau kita melihat perkembangan di Negara lain, misal salah satunya adalah Negara India, India saat ini termasuk ke dalam urutan ketiga pasar online terbesar untuk bidang pendidikan di dunia. Hal ini tentu didukung karena mayoritas penduduk Negara India adalah muda-mudi yang melek teknologi-driven. Mereka menemukan e-learning dan memanfaatkannya untuk perkembangan di dalam dunia pendidikan dan itu pula yang menjadi pilihan karir nan menarik bagi mereka. Pendidikan berbasis e-learning juga tercatat sebagai cara yang nyaman untuk mendidik secara global. Tapi tak dapat dipungkiri pula dengan semua sumber daya yang tersedia dan peluang yang ada, akan terdapat kekurangan atau kelemahan dalam menciptakan e-learning platform yang sukses.

Dengan tidak mengenyampingkan kualitas dari e-learning yang akan kita buat, proses penggunaannya pun harus sederhana dan interaktif agar menarik dan mempertahankan penikmat pendidikan dalam ranah online. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam membangun sebuah platform pembelajaran online. And here we go!

  • Menetapkan tujuan belajar yang jelas

Dalam merancang kursus untuk e-learning, sangat penting untuk menetapkan tujuan jelas. Siswa kursus online bergerak dengan cepat; kesan yang jelas tentang tujuan pembelajaran akan memfasilitasi adopsi pembelajaran merekanlebih cepat. Selain itu, tujuan yang sudah terbayang oleh peserta didik harus tergambar dari pengumuman hasil pembelajaran mereka selama mengikuti tahapan e-learning. Ini akan membantu mereka dalam memutuskan apakah mereka akan mengambil kursus atau tidak, dan jugamuntuk mempertahankan fokus pada pendekatan bidang keahlian yang ingin mereka geluti.

  • Membuat kursus yang interaktif dari segi multimedia

Design platform harus dipastikan bahwa platform tersebut memiliki kualitas yang baik dalam bentuk teks, video, atau audio. Campuran berbagai media termasuk teks, video, audio, slide presentasi, dan lain-lain terbukti lebih efektif daripada semua teks atau semua konten audio yang terdapat dalam pembelajaran berbentuk buku. Karena jarang sekali terdapat interaksi manusia secara langsung di kursus online. Siswa cenderung kehilangan minat jika konten e-learning tidak menarik.

  • Dapatkan pendidik terkenal pada platform

Memiliki pendidik terkenal (ahli di bidangnya masing-masing) sebagai pembicara atau kontributor untuk platform akan menambah nilai dari kualitas e-learning itu sendiri, bahkan akan lebih baik jika platform memiliki kemitraan dengan lembaga pendidikan yang terkenal. Dengan itu e-learning tersebut akan dipandang lebih kredibel dan tingkat adopsi pengguna akan lebih tinggi.

  • Memiliki penilaian dalam tiap tahapan tingkatan

Sebuah e-learning platform pembelajaran atau pendidikan harus memiliki penilaian yang tepat untuk mengukur kemajuan pengguna e-learning. Menyampaikan laporan nilai ataupun saran berdasarkan keterlibatan mereka selama mengikuti e-learning dapat menjadi gambaran tentang kekuatan dan kelemahan mereka yang terbukti bermanfaa.. Terlepas dari tes yang dijadwalkan pada setiap modul atau adanya ujian penilaian di akhir tingkatan, kuis pun juga boleh diadakan untuk memberikan interaksi yang kuat dalam meningkatkan pembelajaran mereka pada e-learning platform.

Itulah beberapa tips yang dapat menjadi kunci untuk membangun sebuah platform pembelajaran online yang efektif, hal ini juga penting untuk menyusun strategi bagi kamu yang ingin membuat teknik pembelajaran yang lebih menarik. Pendiri e-learning platform juga harus berpikir dari segi perspektif yang berbeda untuk dapat terus mengimprovisasi platform sesuai dengan selera pendiri maupun penggunaannya, karena jika mendapatkan feedback yang baik menjadi hal penting untuk menjaga platform yang relevan dan up-to-date. (TN)

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.