zeniusDalam meningkatkan pendidikan di Indonesia dari segi kualitasnya, tentunya akan banyak cara beragam yang telah bermunculan, salah satunya yaitu munculnya platform pembelajaran untuk siswa yang bernama Zenius. Apa itu Zenius? Untuk lebih jelasnya yuk simak tulisan berikut ini!

Zenius.net adalah platform pembelajaran berbasis web yang diluncurkan oleh Sabda P.S. dan Medy Suharta pada tahun 2007. Awalnya dijalankan sebagai bisnis offline pada tahun 2004, Zenius bertujuan untuk mempromosikan pemikiran kritis dan pengetahuan ilmiah sebagai cara yang terjangkau untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sebagai situs e-learning, Zenius menyediakan video pendidikan dan latihan untuk SD hingga siswa SMA. Selain semua konten online, Zenius juga memiliki pusat secara offline pembelajaran disebut Zenius-X, yang menjual CD pendidikan, DVD, dan produk lainnya.

Sejak pertama kali Zenius diluncurkan pada tahun 2013 hingga sekarang, member Zenius terus berkembang mencapai 157.000 pengguna terdaftar, dan terus meningkat lebih dari dari 90.000 pengguna pada bulan September lalu. Berikut ini adalah beberapa pembaruan dari catatan pengguna Zenius:

  • 7.000 anggota premium mengakses konten secara online
  • 33.000 video pendidikan ditonton 30 juta kali
  • 1.500 lembar kerja latihan mendapat 2,7 juta download
  • 20 toko yang tersebar di berbagai kota di Indonesia
  • Rp 5,8 miliar (US $ 499.483) pendapatan hingga Juli 2013

Selain Zenius-X, baru-baru ini perusahaan Zenius juga meluncurkan platform baru berasas sistim pembelajaran bernama Zenius Centre. Zenius Centre adalah platform berbasis multimedia secara offline untuk mengakses pembelajaran dalam membantu siswa belajar dengan menggunakan teknologi. Dalam misinya, Zenius sendiri tumbuh dan terlahir dari semangat pendirinya sendiri yaitu untuk berbagi pengetahuan dan manfaat agar dapat dinikmati semua kalangan. Dalam misinya Zenius untuk mejalankan upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan, Zenius sendiri tentunya mempunyai tujuan khusus yaitu salah satunya untuk memberikan pengalaman belajar baru bagi siswa-siswi Indonesia yang besar dan luas sehingga mereka bisa merasakan bahwa sebenarnya belajar itu menyenangkan, dan juga menjelaskan kepada seluruh siswa-siswi Indonesia bahwa menjadi pintar itu keren.

Dalam perkembangannya, tentu Zenius pernah mengalami kesulitan. Kesulitan biasanya selalu berada dan terasa pada tahun-tahun pertama. Pada tahun pertama Zenius memang belum berbasis sistim online untuk mengakses ke dalam web-nya, karena pada saat itu infrastruktur internet di Indonesia masih sangat buruk, namukn langkah Zenius tidak berhenti di situ. Zenius akhirnya memutuskan untuk membuat terobosan dengan membagi dan menjual CD/DVD. Namun terdapat satu tantangan lagi yang harus ditempuh Zenius dan Tim dengan sistem penjualan CD dan DVDnya, ya apalagi kalau bukan pembajakan. Oleh karena itu, di tahun-tahun pertama Zenius lebih sering mengalami kesulitan dalam upaya untuk menembus pasar dan mengembangkan kancah bisnis berasas pendidikan di Indonesia sendiri.

Kini terlihat banyak sekali upaya untuk memajukan pendidikan di Indonesia, mulai dari buku gratis, CD dan DVD pelajaran, e-book maupun e-learning yang tersebar di mana-mana, dan platform dalam bentuk web secara online maupun offline juga bisa diakses oleh seluruh pendidik maupun siswa yang terdidik dalam keinginan untuk mengembangkan ilmu dan pengetahuannya. Semoga dengan lebih banyaknya cara dan alat yang memudahkan setiap orang untuk mendapati pendidikan yang berkualitas, tentunya diharapkan pula bertambahnya juga hasil Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

(TN)

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.