Bercerita Tentang Ray Chan, CEO dan CO-Founder 9GAG

9gagKalian pasti tahu situs meme terbesar di dunia yang seringkali mengocok perut jika melihatnya biarpun hanya selewat saja? Ya betul sekali, itulah 9GAG! Kamu pun juga mungkin menjadi salah satu dari beberapa juta orang yang setiap harinya setia mengunjungi situs 9GAG hanya untuk melihat postingan-postingan konyol ala 9GAG dan tertawa cekikikan setelahnya. Ray Chan membuat 9GAG pertama kali pada tahun 2008, yang bermula dari sebuah ide, yaitu ia ingin membuat suatu platform untuk membuat orang-orang meng-share foto-foto lucu ataupun video lucu bersama dengan pengguna lainnya.

‘following your passion or chasing trends can harm your chances of success as an entrepreneur’
says Ray Chan, the CEO and founder of online humour community 9GAG
.

Nama 9GAG sendiri berasal dari bahasa Cantonese atau jika diartikan dalam Bahasa Chinese adalah ‘gaau gag’ yang artinya ‘membuat senang’. Dengan apa yang sudah dikembangkannya selama 9 tahun, kini situs 9GAG telah dikunjungi sebanyak 2 milyar orang perbulannya dan mempunyai pengikut sebanyak 26 juta orang di facebook. Pencapaian besar 9GAG inilah yang menjadi tolak ukur kesuksesan dan merupakan sesuatu yang tidak pernah disangka oleh Ray Chan bersama tim 9GAG-nya.

Ray mengikuti passionnya dalam bekerja bersama 9GAG untuk menggeluti sebuah pencapaian yang sukses. Ray begitu ia dipanggil, dengan 9GAG-nya tak bisa dipungkiri telah menjadi salah satu orang yang patut dijadikan inspirasi di dunia. Ray yang merupakan CEO dan Co-founder dari 9GAG, platform hiburan sosial terkemuka untuk konten humor dengan lebih dari 80 juta pengunjung tetap setiap bulannya.

Ray Chan dengan 9GAG-nya hingga pada tahun 2012 lalu berhasil merauk 2,8 juta USD dalam Freestyle Capital, True Ventures, Greycroft Partners dan investor bergengsi lainnya di Amerika Serikat. 9GAG dalam misinya diciptakan sebagai bentuk untuk membuat orang tertawa cekikikan hanya karena melihat beberapa memes, gags, dan lelucon di internet itu sendiri. Wow bisa dibayangkan ya berapa jumlah keuntungan Ray hingga saat ini!

Berbicara soal 9GAG sekarang mari kita bahas tentang latar belakang Ray yang merupakan seorang lulusan dari Fakultas Hukum di Universitas Hong Kong. Sebelum memulai 9GAG, Ray bekerja sebagai seorang staf di sebuah stasiun televisi dan manajer sebuah produk dalam komunitas media online. Ray yang mempunyai slogan ‘follow your effort’ ini mengatakan; saat kamu ingin mendapatkan sesuatu dan mengharapkan hasil yang baik, itu merupakan suatu kesalahan besar. Mengapa? Karena seharusnya kamu menjadi seseorang yang lebih baik terlebih dahulu baru kamu dapat membuat orang lain merasa senang dengan usaha yang sedang kamu rintis, maka itu lah pencapaian besarmu yang paling baik, passion is the result, begitu katanya.

(TN)

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.