Sabar, Menjadi Salah Satu Senjata Ampuh Bagi Perintis Edtech Startup

Pendidikan bukan merupakan sebuah bisnis e-commerce atau bisnis hyperlocal. Mulailah berbisnis di ranah pendidikan hanya jika pendirinya dapat bertahan dan berada di dalamnya untuk jangka yang panjang, yaitu setidaknya selama 15 sampai 20 tahun ke depan. Mengapa demikian? Karena merintis sebuah pendidikan bukanlah hal yang mudah, itu memerlukan kesabaran dan juga kecerdasan dalam hal bisnis juga ranah pendidikan secara gamblang.

Namun pada kebanyakan jenis bisnis lainnya, pertumbuhan hiper adalah salah satu cara yang mungkin dilakukan untuk perbisnisan yang tumbuh dengan cepat. Akan tetapi, di bidang pendidikan, tidak ada yang melihat adanya pertumbuhan hiper. Salah satu contoh yang dapat diuraikan di sini adalah sebagai berikut.

Sabar, Menjadi Salah Satu Senjata Ampuh Bagi Perintis Edtech StartupKhan Academy, salah satu edtech startup yang merintis bisnisnya secara perlahan namun pasti. Dalam industri edtech, dibutuhkan waktu untuk mendapatkan model, harga, dan strategi bisnis pendidikan ini dengan benar. Tidak bisa hanya mengatakan bahwa startup pendidikan akan menjangkau dan mendapatkan pengguna tetap dalam jangka waktu 5 tahun.tapi mungkin pada kenyataannya akan membutuhkan waktu sekitar 10 tahun untuk mendapatkan pasar produk pendidikan dengan benar.

Kesabaran adalah teman yang kuat dari seorang pengusaha edtech yang cerdas. Fokus awal adalah harus bertahan selama masih bisa, melakukan sebanyak mungkin berbagai hal yang bisa dilakukan, sehingga dapat dengan cepat mengetahui apa yang sesuai untuk edtech startup dan mana yang tidak sesuai. Bersabarlah, karena semakin lama bertahan, semakin tinggi peluang suksesnya. (TN)

 

TAGS:

Sharing is Caring:
error