transformasi pendidikanBerbicara soal pendidikan memang akan sangat berdampak bagi kelangsungan Sumber Daya Manusia di tiap-tiap kota atau bahkan Negara.  Mengapa? Karena alam dunia kita yang serba cepat dan dalam dunia pendidikan berbasis teknologi tak ayal akan menjadi sangat relevan pada zaman sekarang.

Perkembangan secara cepat dan maju seperti adanya kelas-kelas modern di beberapa sekolah saat ini akan membuat lingkungan belajar menjadi dimodernisasi dengan metodologi pembelajaran yang turut serta termodernisasi.

Pemerintah telah mengambil catatan tentang berbagai perkembangan dunia dalam pendidikan seperti salah satunya yaitu adanya kesenjangan keterampilan. Namun di negara China dan India melalui Economist Intelligence Unit (EIU) Laporan ‘Pendidikan 2030’ prakiraan menunjukkan bahwa keterjangkauan pendidikan EIU telah memperkirakan kalau India dan China akan memproduksi 1,7 juta dan 400.000 lulusan terbaik. Hmm, Indonesia sendiri bagaimana ya?

Tentu saja untuk menggapai pencapaian yang besar pasti dilatarbelakangi dengan usaha yang besar pula. Salah satunya yang dibutuhkan adalah pendekatan holistik untuk menentukan berapa banyak dan seberapa baik siswa dalam belajar dan sejauh mana pendidikan yang mereka jalani akan berguna bagi kelangsungan hidup, bagi kehidupan sosial, dan bagi keuntungan perkembangan lainnya. Bagi siswa, kualitas pendidikan itu sangat penting, terutama untuk kemampuan mereka dalam melek digital dan keterampilan lainnya yang memang diperlukan di abad ke-21 ini. Yaitu di antaranya seperti komunikasi, kolaborasi, berpikir kreatif dan pemecahan masalah.

Kualitas pendidikan bukan hanya atribut yang berhubungan dengan sekolah bermerek atau fasilitas sekolah, tetapi juga sangat tergantung pada kualitas Sumber Daya Manusia yang mengetahui benar nilai-nilai tentang bagaimana metode pembelajaran agar mudah didekati untuk setiap siswa. Nah di sini, SMP Al Ikhlas sendiri pun menggunakan berbagai macam peran teknologi dalam pendidikan yang akan diaplikasikan ke setiap siswa, karena kami tau benar salah satu cara untuk mencapai pendidikan yang berkualitas adalah melalui peningkatan hasil dari masing-masing siswa dengan adanya metode individu-learning. Di sinilah teknologi akan di tempatkan dan akan membantu memperluas pengalaman belajar siswa sehingga memungkinkan siswa untuk berinteraksi lebih luas. Siswa juga mendapatkan kemampuan komunikasi eksternal di lingkungan belajar yang lebih kaya.

Namun, penting pula untuk diingat bahwa teknologi hanya merupakan sarana, teknologi tersebut bukanlah bagian intinya yang hakiki. Peran guru yang baik dan siswa yang termotivasi untuk belajar itulah yang berpengaruh dalam menghasilkan nilai yang kuat dan dampak yang terlihat. Teknologi dalam pendidikan jika digunakan secara efektif, dapat menjadi alat yang ampuh, tetapi tanpa integrasi bijaksana ke dalam kurikulum, teknologi saja tidak dapat mendorong transformasi dalam pendidikan. Intinya haruslah ada kolaborasi yang mumpuni dalam teknologi pendidikan yang digunakan di setiap sekolah dengan Sumber Daya Manusia yang dipunyai oleh sekolah-sekolah terkait.

Kita harus percaya bahwa teknologi dalam implikasinya ke dunia pendidikan pengaruhnya sangat penting untuk mengembangkan keahlian-keahlian tersembunyi para siswa di sekolah. Di mana nantinya siswa akan mempunyai peluang lebih untuk berkembang, dan kemampuan para siswa bisa terisolir dalam ranah nasional yang didengar oleh pemerintah, lebih lagi bisa ke berbagai macam organisasi di kawasan nasional ataupun asia. Dengan semua itu sebuah masa depan yang cerah akan didapat dari kita yang memiliki manfaat dalam mengubah sekolah menggunakan teknologi yang dapat dijadikan ajang bagi siswa untuk melompat dan membuka jendela ke dunia belajar yang baru.

(TN)

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.