CULTURAL WEEK

Kegiatan cultural week & market day merupakan program unggulan yang diadakan setiap tahun pada bulan april dalam rangka memperingati hari kartini. Tujuannya adalah agar anak dapat mengenal budaya bangsa Indonesia, menghargai jasa pahlawan dan mengenalkan nilai mata uang dengan cara jual beli. Kegiatan ini diadakan selama 1 minggu mulai dari tanggal 21 – 25 april 2008.Adapun kegiatan di dalam kelas, anak-anak mendengarkan cerita mengenai Ibu kartini yang disampaikan oleh ibu guru, kemudian anak-anak mewarnai gambar Ibu Kartini. Selain mendengarkan cerita mengenai Ibu Kartini, anak-anak juga mendengarkan cerita mengenai legenda dari daerah – daerah di Indonesia seperti Legenda malin kundang, Pitung, kabayan, Timun emas. Khusus TK A & B memperkenalkan 5 daerah yaitu :

  • A1 & BI  Sumatra barat  (Padang)
  • A2 & B2 Jakarta (Betawi)
  • A3 & B3 Jawa Barat (Sunda)
  • A4 & B4 Bali
  • B5 Jawa Tengah

Selain memperkenalkan cerita legenda dari daerah masing – masing, ibu guru juga memperkenalkan pakaian adat, makanan, alat – alat musik, permainan, tarian dan asessoris dari daerah masing – masing. Sebelum puncak acara guru – guru dan WOTK membuat setting kelas dan stand sesuai dengan daerah masing – masing kelas serta melatih anak – anak kelompok A menari sesuai dengan kelompoknya. Seperti : Tari piring, ondel – ondel, igel – igelan, dan tari kipas.

Jum’at 25 April 2008 yaitu puncak acara cultural week dan market day dengan menggadakan panggung gembira serta mengadakan lomba – lomba yaitu lomba busana daerah untuk kelompok bermain, dan lomba duta dari perwakilan kelas 2 orang  TK A & TK B. dalam  kegiatan market day anak – anak sebelumnya dihimbau membawa uang  Rp. 1000 untuk membeli makanan di setiap stand kelas adapun makanan tradisonal yang djual di setiap stand adalah :

  • Stand Sumatra barat :

sate padang, kripik sanjai, sagon,

  • Betawi :

Kue apem, kue mangkok, nasi uduk, semur, wajik, kue pepe, asinan, kerak telor, es lilin, kembang goyang, rengginang, eskrim

  • Bali

Kacang bali, jeruk bali, salak bali,

  • Jawa barat

Nasi timbel, sayur asem, pepes ikan, lalapan, ikan asin, ayam goreng, pete, tahu sumedang, lontong, es lilin, es kelapa muda.

  • Jawa tengah

Sossis solo, gendar, genang, lanting, the gentong, the guci, lontong cap gomeh, nasi liwet, dan brem

Selain makanan tradisional ada juga asessoris dan mainan anak – anak yang dijual.

Alhamdulillah dagangannya habis terjual dan banyak orang tua yang datang. Semoga kegiatan ini ditahun mendatang lebih baik lagi.

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.

instagram takipçi hilesi wordpress adult teması meme büyültme hacklink satış e sigara hacklink