KURIKULUM

KB/TK Islam Al-Ikhlas memakai kurikulum Diknas yaitu  kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakn pemahaman skill dan pendidikan berkarakter. Siswa paham atas materi yang diajarkan , aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan disiplin, sikap pengetahuan dan perilaku.

Kurtilas bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, menalar & mengkomunikasikan (mempresentasikan). Diharapkan siswa memiliki kompetensi sikap, keterampilan & pengetahuan. Mereka akan lebih produktif sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dn tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik.

IBUKU SAYANG

Program “Ibuku Sayang” merupakan program unggulan di sekolah KB/ TK Islam Al-Ikhlas. Program ini mempersembahkan performance akhir semester satu dengan puncak tema “ Ibuku Sayang”, dan dalam memperingati hari Ibu. Peserta didik menampilkan persembahan drama musikal, gerak, tari, dan lagu dari peserta didik untuk Ayah dan Ibu tercinta dengan judul “Keluarga Cemara”. Peserta didik juga menampilkan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Dari kegiatan intrakurikuler mempersembahkan performance intra drumband, ekstrakurikuler tahfiz mempersembahkan performance hafalan surat pendek, ekstrakurikuler bahasa inggris gerak dan lagu dalam bahasa inggris dan ekstrakurikuler menari mempersembahkan performance tarian-tarian. Program ini bertujuan agar peserta didik dapat mengembangkan minat dan bakatnya, sebagai pelaporan hasil perkembangan anak dalam bentuk karya nyata (peran dan gerak tari), memberikan motivasi dalam mengembangkan rasa percaya diri kepada anak dan memberikan ruang pada anak untuk menunjukkan bakatnya dalam seni peran dan gerak.

Usai pentas selesai, para murid kelompok bermain memberikan bunga kepada ibu sebagai bentuk kasih sayangnya. Kelompok Tk A dan Tk B memberikan hasil karya berupa gambar yang dibuat peserta didik yang berisi pesan singkat kepada orangtua masing-masing sebagai ucapan terimakasih dan rasa kasih sayangnya kepada kedua orangtua mereka. Acara ditutup dengan menyanyikan lagu bertemakan kasih sayang anak kepada orangtua yang berjudul “Keluarga Cemara”.

AYAHKU IDOLAKU

Program “Ayahku Idolaku” merupakan program unggulan di sekolah KB/ TK Islam Al-Ikhlas. Program ini diadakan pada saat mid semester I. Setiap orang tua kelompok TK A dan TK B mempersiapkan video tentang kegiatan anak bersama ayah, kemudian video tersebut dipresentasikan oleh peserta didik di dalam kelas pada saat pembagian rapot mid semester I. Program ini bertujuan melatih kemampuan komunikasi lisan atau bercerita tentang suatu peristiwa di depan forum, dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan menanamkan keberanian pada diri anak agar anak berani tampil di depan umum.

BINAUSHOLA

Penanaman nilai-nilai islam sejak dini amatlah penting. Salah satunya mengenalkan ibadah sholat kepada peserta didik. Program ini mengembangkan aspek agama yang meliputi kemampuan berwudhu, sholat 2 rakaat berikut bacaanya dari iftitah sampai tahiyatul akhir. Peserta didik kelompok TK B menampilkan performance sholat dengan bacaannya di depan para orangtua kelompok Tk B. Program ini bertujuan agar peserta didik mengenal Allah sebagai pencipta dan kewajiban kita sebagai makhluknya, meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menguasai gerakan dan bacaan sholat dan melatih keberanian anak agar tampil percaya diri di depan umum.

AKU SENANG BERKARYA

Program kegiatan “Aku Senang Berkarya” merupakan program unggulan di sekolah KB/ TK Islam Al-Ikhlas. Program ini diadakan pada saat mid semester II. Untuk kelompok Tk A membuat hasil karya dari bahan-bahan bekas yang dapat didaur ulang, kemudian peserta didik akan menceritakan tentang hasil karya yang telah dibuatnya sendiri di depan orangtua dan guru pada saat pembagian raport mid semester II. Untuk kelompok TK B membuat buku cerita bergambar kemudian buku cerita akan dicetak dan peserta didik akan menceritakan cerita tentang buku cerita yang telah dibuatnya sendiri di depan orangtua dan guru pada saat pembagian raport mid semester II. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan dan menstimulus motorik halus peserta didik dalam bidang seni (melukis, menggambar dan menulis) dan melatih keterampilan, kreativitas serta percaya diri peserta didik untuk tampil didepan ayah bunda untuk menceritakan hasil karya yang dibuatnya. Selain itu kegiatan ini juga merangsang dan melatih literasi atau minat baca pada anak sejak dini.

PENTAS SENI

Pentas seni pada usia dini merupakan proses pembelajaran penting agar peserta didik menumbuhkan rasa percaya diri dan pengalaman tampil di atas panggung. Para peserta didik TK Islam Al-Ikhlas dari kelompok bermain, kelompok TK A dan kelompok TK B sudah mulai diajarkan untuk tampil di depan guru dan orang tua. Melalui kegiatan pentas seni selain dapat mengoptimalkan aspek perkembangan peserta didik juga keberanian peserta didik untuk tampil di depan umum menjadi tujuan penting kegiatan ini. Pentas seni atau disebut pensi merupakan program puncak atau terakhir yang berfungsi mengembangkan seluruh aspek perkembangan yang dikemas dalam bentuk operet, sholawat, pidato, gerak dan tari.

Penampilan anak-anak sebagai unjuk kemampuan enam aspek pengembangan yang telah dipelajarinya selama satu tahun ajaran (Bahasa, Agama, Motorik Kasar, Motorik halus, Seni, Agama dan Nilai-nilai Agama). Pentas seni adalah program terakhir yang merupakan puncak dari seluruh kegiatan selama satu tahun ajaran. Program ini mengembangkan Nilai-nilai Agama dan Moral, Bahasa, Kognitif, Fisik motorik, Emosi dan Seni. Pada program ini semua peserta didik dilatih tampil atau performance baik secara individu maupun kelompok yang diramu dalam sebuah pentas seni. Semua peserta didik menampilkan kemampuannya dalam bentuk gerak dan  tari. Setiap tahun kami selalu menampilkan pentas seni dengan berbagai tema.

KESISWAAN

MATASAN & SELASIH

Program yang bertujuan melatih anak-anak untuk selalu membawa bekal makanan sehat dan tanpa kemasan serta selalu menjaga kebersihan sekolah.

REWARD KARAKTER

Program ini salah satu bentuk penanaman karakter sejak dini. Setiap akhir bulan kami memberikan reward kepada anak-anak yang memiliki karakter tertentu (sesuai yang ditentukan guru) seperti teramah, terdisiplin, terkreatif dll.

INTRA DRUMBAND

Program kegiatan pengenalan dan kreasi alat musik perkusi sebagai salah satu stimulus pengembangan kecerdasan anak, bakat dan minat dalam bermusik.

SDM

PELATIHAN TAHSIN & HAFALAN SURAT & HADIST

Program ini adalah melatih kemampuan guru-guru dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Quran dan hafalan Al-Quran serta Hadits.

TEACHING WORKSHOP

Program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan metode, teknik dan strategi pembelajaran.

instagram takipçi hilesi wordpress adult teması meme büyültme hacklink satış e sigara hacklink