SEMINAR PENGANTAR METODE MONTESSORI UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Mengawali tahun pelajaran 2018-2019 dan menambah pengetahuan  ibu bapak guru sekolah KB TK Islam Al-IKHLAS mengikuti pelatihan tentang metode Montessori dari rumah mentosorri selama dua hari pada 5-6 Juli 2018.

SEMINAR PENGANTAR METODE MONTESSORI UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINIPelatihan ini untuk menambah pengetahuan kami tentang sejarah, manfaat, strategi dan metode Montessori. Metode  Montessori adalah suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasarkan pada teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori yang berjuang untuk mencerdaskan generasi anak bangsa untuk masa mendatang. Beberapa hal kami petik dan membuat kami terpacu motivasi dari Dr. Maria Montessori ini yaitu beliau selalu mau belajar, berusaha dari segala proses di setiap kejadian dan selalu semangat menggali ilmu dengan daya juang yang tinggi untuk berusaha menciptakan pembelajaran yang menarik anak berkembang sesuai minatnya. Semua anak lakukan mandiri sesuai dengan tahap perkembangan anak dengan pengawasan guru dan guru sebagai fasilitator. Pembelajaran Montessori sangat menarik untuk diterapkan kepada anak dari sejak dini. Dimulai dengan latihan aktivitas sehari-hari atau keterampilan hidup, bahasa, budaya, geografi, sensori, matematika, karena anak melakukan pembelajaran dengan menggunakan benda-benda konkret.

Ciri dari metode ini adalah penekanan pada aktivitas pengarahan diri anak atau pembentukan karakter dan pengamatan klinis dari guru. Metode ini menekankan pentingnya penyesuain dari lingkungan belajar anak sesuai tingkat perkembanganya, dan peran aktivitas  fisik dalam menyerap konsep akademis dan keterampilan praktik.

pelatihan guru metode montessoriPoint yang pertama adalah tentang konsep dasar perkembangan anak dalam pembelajaran Montessori, di dalamnya terdapat sensitive period dimana masa anak khusus mudah menerima stimulus-stimulus tertentu, kami menyadari bahwa anak mempunyai masa yang sangat penting dan tidak bisa diulang kembali ketika stimulus tidak diberikan dengan tepat, tentunya dengan tahapan usia berdasarkan sensitive period tersebut.

Dengan mengamati anak kita bisa dapat memberikan stimulus yang tepat, kita bisa memberikan latihan berupa koordinasi dan pengembangan otot dan minat pada benda-benda kecil. Latihan motorik seperti motorik kasar dan motorik halus. Tujuan tersebut memang merujak kepada kesiapan nanti dijenjang selanjutnya untuk persiapan menulis dan membaca. Gerak motorik sangat berpengaruh dengan kesiapan tersebut, karna jika anak memiliki keseimbangan tubuh yang bagus, control yang baik maka akan membantu mereka  dalam koordinasi panca indra yang menjadikan fokus untuk menulis dan membaca.

3Point yang kedua yang perlu dicatat adalah bagaimana kita mengetahui karakteristik metode montesorri. Sungguh sangat menarik ketika suatu proses pembelajaran melibatkan anak, lingkungan dan guru. Lingkungan menjadi bagian dari proses pembelajaran.

Bagian paling penting adalah point terakhir di mana figure guru pada kelas Montessori, menurut kami banyak yang perlu digaris bawahi untuk pengiat kami sebagai guru, bahwa menghargai perbedaan anak dan mendukung kemandirian anak.

Terimakasih untuk untuk sharing ilmu yang menyenangkan hari ini,

“One test of the correctness of educational procedure is the happiness of the child”

-Maria  Montessori-

Sharing is Caring:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published.

instagram takipçi hilesi wordpress adult teması meme büyültme hacklink satış e sigara hacklink