Sanlat Kelas 5 “Hadapi Puber Tanpa Baper”

Sanlat Kelas 5 “Hadapi Puber Tanpa Baper”

Alhamdulillah.. telah dilaksanakn dengan sukses dan lancar kegiatan kelas 5 yaitu Pesantren Kilat dengan tema “Hadapi Puber Tanpa Baper” acara yang dilakukan selama dua hari satu malam ini bertempat di kebunsu bogor, tepatnya pada tanggal 15 – 16 November 2023.

Selain anak-anak kelas 5 dan para guru, acara ini juga turut didukung oleh korlas (koordinator kelas) kelas 5 yang mendukung berjalannya acara dengan baik dan lancar, selama acara anak-anak belajar banyak hal terutama mengenai pubertas yang sedang mereka alami, acara ini juga menghadirkan 3 narasumber yang kompeten di bidangnya baik dari bidang kesehatan dan bidang keagamaan.

Kesehatan :
1. dr. Silvi Febriyanti Nugraheni
2. dr. Dewangga Gegap Gempita, MARS

Keagamaan:
1. Ust. Muhammad Zidni Ilman, Lc., MA.

Anak-anak sangat antusias mengikuti segala rangkaian acara dengan tertib dan tidak lupa mereka juga mencatat setiap materi yang disampaikan oleh pembicara, pertanyaan demi pertanyaan mereka layangkan kepada pembicara tanpa sungkan karena rasa penasaran mereka yang dalam tentang pubertas, dan mereka tidak ragu untuk bertanya karena untuk materi pubertas ini di pisah antara anak laki-laki dan perempuan sehingga mennjadikan mereka lebih percaya diri dalam melayangkan pertanyaan seputar pubertas.

img_6180

img20231115170925

 

 

 

 

 

Seru sekali kegiatan hari ini, tapi keseruan ini tidak hanya sampai disini saja selain anak-anak kelas 5 mendapatakan pembekalan materi dari pembicara anak-anak juga mendapatkan mentoring dari masing-masing guru kelas 5 dimana mereka akan bisa bertanya lebih dalam tentang pubertas secara personal karena anak-anak dibagi jadi beberapa kelompok.

Lalu apakah acara ini hanya fokus kepada pubertas saja? tentu tidak. Acara sanlat kelas 5 juga berfokus pada bagaimana anak-anak bisa belajara mandiri, kerjasama dan melatih kekompakkan mereka, kenapa? karena dalam satu kelompok anak-anak digabung dari berbagai kelas jadi mereka juga akan belajar adaptasi lagi dengan kelompoknya masing-masing, bagaimana implementasinya? Melalui sebuah games yang sudah pasti sangat disukai oleh anak-anak, apalagi games ini adalah permainan outdoor dimana kita tahu anak-anak zaman sekarang lebih banyak bermain games di gadget mereka, maka 2 hari ini mereka akan fokus pada games yang sebenarnya yaitu permainan yang melatih tanggung jawab, kerjaaasama dan kekompakkan mereka dalam satu kelompok.

img_6093 img_6094 img_6134

 

 

 

 

 

 

Selain bermain games, anak-anak tetap tidak lupa dengan kewajibannya dalam beribadah baik yang wajib maupun yang sunah, jika di sekolah anak-anak dibiasakan untuk mengamalkan ibadah sunah seperti sholat duha maka disini anak-anak juga melaksanakan ibadah sunah lainnya yaitu melaksanakan sholat tahajud dan dilanjutkan dengan sholat subuh berjama’ah, sungguh pengalaman yang sangat berharga buat anak-anak.

img20231116043000 img20231115183532