Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini

Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini

Layli Shafira, S.Pd

Peran orang tua sangat penting dalam membantu anak mengembangkan potensi dan mencapai tugas perkembangannya. Selain itu, sebagai penerus bangsa kepercayaan diri sangat penting untuk ditanamkan pada anak agar anak tumbuh menjadi sosok yang mampu mengembangkan potensi diri serta dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Salah satu aspek penting dalam perkembangan sosial emosional untuk anak usia dini adalah percaya diri. Kepercayaan diri dapat muncul ketika keinginan mewujudkan diri bertindak dan berhasil berkat adanya pengakuan di lingkungannya. Semakin besarnya dukungan orang tua maka kepercayaan diri anak usia dini akan semakin kuat.

Rasa percaya diri dapat mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya. Anak yang memiliki rasa percaya diri, mereka merasa yakin pada kemampuan dirinya dalam mencapai keberhasilan dan pantang menyerah dalam menghadapi persoalan yang ada didalam kehidupannya. Psikolog anak, Gisella Tani Pratiwi MPsi, mengatakan bahwa anak bisa mengembangkan potensi dirinya secara optimal, membuka kesempatan bagi anak untuk semakin berkembang, anak dapat semakin mandiri sesuai perkembangannya, membantu anak memenuhi tugas perkembangan (milestones) sesuai tahapan perkembangannya.

Bentuk peran orang tua terhadap anak meliputi, mendampingi, memberi kesempatan, menjalin komunikasi, mendorong dan memberi motivasi, mengarahkan, dan mengawasi. Apabila peran orang tua semakin besar, maka anak akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi seperti berfikir positif, tidak agresif, tidak terpengaruh oleh orang lain, mudah berteman, bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan, berani menerima dan menghadapi penolakan orang lain, serta berani menjadi diri sendiri.